In Memoriam: Pastor Marius, OFM Cap, Meninggal di Usia 92 Tahun

Pastor Marius OFM Cap
Pastor Marius OFM Cap. Foto: IST/ruai.tv

SINGKAWANG, RUAI.TV – Pastor Marius OFM Cap (92), menjalani penghujung usianya dengan melayani umat Katolik di Paroki Santo Fransiskus Xaverius di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pastor bernama lengkap Marius Antonius Tjhin ini, meninggal dunia oleh sebab yang terlalu tragis.

Suatu hari, 5 Desember 2021, dia berada di wilayah Kali Asin, Kota Singkawang. Hendak memberikan pelayanan kepada seorang umat yang sedang sakit.

Ketika hendak menyeberangi jalan, seorang pengguna sepeda motor menabraknya. Pastor Marius pun terseret sekitar 100 meter dari lokasi tabrakan.

Akibat kecelakaan itu, dia mengalami lupa parah pada kepala dan kaki. Orang-orang segera mengevakuasi dia ke RS Santo Vincentius Singkawang. Kondisinya yang parah, membuat perawat harus merujuknya ke RS Santo Antonius di Kota Pontianak.

Baca juga: Pesan Uskup Agung Pontianak untuk Keluarga Katolik

Sehari setelah Natal 2021, yakni 26 Desember 2021, saat umat Katolik merayakan peringatan “Keluarga Kudus”, kabar duka pun muncul. Pastor Marius telah meninggal dunia hari itu, sekitar pukul 10.15 WIB, setelah sekitar 21 hari menjalani perawatan medis.

“Beliaulah yang tertua di antara kami para saudara Kapusin. Dan di antara kami yang hidup, yang terlama juga di Paroki Singkawang,” kata Pastor Yosep Yuwono OFM Cap, Kepala Paroki Santo Fransisus Xaverius Singkawang.

Pastor Yosep memimpin misa requiem sebelum pemakaman Pastor Marius, Rabu (29/12/2021). Bersama sejumlah pastor lainnya, di antaranya Provinsial Ordo Kapusin Pontianak, Pastor Bagara Darmawan, OFM Cap. Channel YouTube Paroki Singkawang menyiarkan misa ini secara live streaming.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2 atau KLIK di SINI!