Petani Desa Semabi Garap 300 Hektar Sawah

Petani Desa Semabi Garap 300 Hektar Sawah
Wakil Bupati Sanggau, Subandrio, panen bersama petani desa Semabi, Rabu (30/06/2021). Foto: DOK/ruai.tv

SEKADAU, RUAI.TV – Para petani Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir, aktif menggarap 300 hektar lahan sawah yang ada di desa mereka. Desa ini terbilang bagian dari lumbung pangan Kabupaten Sekadau.

Kepala Desa Semabi, Jamri, mengatakan, mayoritas warga memang bekerja sebagai petani. Mata pencaharian utama warga adalah bertani ladang maupun sawah.

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, beserta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, mengunjungi desa itu Rabu (30/06/2021). Selain memantau proses vaksinasi COVID-19 untuk para lansia.
Juga mengunjungi sentra pertanian dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Panen bersama petani desa, menjadi bagian dari rangkaian kunjungan ini.

Baca juga: Wabup Subandrio Janji Benahi Balai Benih Ikan

“Sudah ada BUMdes yang berfokus pada pemasaran padi milik petani. Kendala yang kami hadapi, kurang alsintan seperti mesin perontok. Kemudian pestisida dan masalah hama. Kami berharap dengan kunjungan bapak Wakil Bupati dapat melihat kondisi warga di sini dan memfasilitasi aspirasi masyarakat Semabi,” kata Jamri.

Petani Desa Perlu Alat Bantu

Sementara, Wakil Bupati Subandrio, menjanjikan pemerintah daerah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menunjang produktivitas petani. Terlebih, bidang pertanian merupakan bagian dari program unggulan Pemkab Sekadau.

“Kami sudah mendengar dan melihat langsung apa yang petani butuhkan. Seperti mesin perontok padi, traktor, dan pestisida. Pemerintah pasti mengakomodir kebutuhan petani, karena ini juga merupakan program unggulan,” papar Subandrio.

Baca juga: Peminat Banyak, Sekadau Kekurangan Bibit Ternak Babi