Gawai Dayak Sekadau di Betang Youth Centre

gawai dayak sekadau
Pekan Gawai Dayak di Betang Youth Centre, Sekadau. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

SEKADAU, RUAI.TV – Pekan Gawai Dayak di Kabupaten Sekadau menyedot animo ribuan pengunjung. Pemukulan gong menandai festival budaya rutin tahunan telah mulai sejak Rabu (13/07/2022).

Pelaksanaannya di Rumah Betang Youth Centre, Kota Sekadau. Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak Sekadau 2022, Vinsensius, mengatakan kegiatan budaya ini berlangsung mulai 13 hingga 16 Juli 2022.

Baca juga: Pegawai Angkut Berkas, Jelang Pembongkaran Kantor Bupati

Advertisement

Kemeriahan terasa dengan adanya berbagai kontingen perwakilan sanggar maupun Dewan Adat Dayak (DAD) tingkat kecamatan. Mereka menampilkan berbagai atraksi, seperti pawai budaya dan tari-tarian khas etnik Dayak.

Pelaksana Harian (Plh) Asisten II Setda Kalimantan Barat, Frans Zeno, mewakili Gubernur Sutarmidji, mengatakan, setiap kegiatan budaya di seluruh wilayah provinsi selalu didukung. Apalagi, Gawai Dayak merupakan warisan leluhur yang harus tetap lestari, sebagai wujud syukur atas hasil panen ladang.

Baca juga: Tak Ikut Apel Pagi, Ini Ultimatum Sekda Ketapang

Minat pengunjung begitu besar untuk acara ini. Tak hanya lokal, para pengunjung juga berasal dari kabupaten tetangga.

Begitu juga sejumlah tokoh adat Dayak yang berasal dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Termasuk kehadiran para tokoh perwakilan etnis lainnya.

Baca juga: Kabar Terbaru 29 Jemaah Haji Sekadau di Tanah Suci

Bupati Sekadau, Aron, menyebut, Gawai Dayak menjadi agenda penting dalam menjalin silaturahmi. Tidak hanya antar masyarakat Dayak dalam Kabupaten Sekadau, tapi juga dengan tokoh masyarakat dari luar daerah. (RED)

Advertisement