Siswa SMA Sanggau Raih Medali Emas Ajang Internasional

Siswa SMA Sanggau Raih Medali Emas Ajang Internasional
Dua siswa SMAN 2 Sanggau menerima medali emas ajang perlombaan internasional. Foto: DOK/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sanggau, meraih prestasi internasional. Mereka menyabet medali emas di ajang World Science Enviromental and Engineering Competition (WSEEC).

Kedua siswa ini, Adinda Aisyah Nindyanis dan Dustin Raka Widiananta Aslam. Mereka merupakan pelajar di SMA Negeri 2 Sanggau.
Adinda (15) adalah siswa kelas 11 IPA di sekolah itu. Sementara Dustin (17) siswa kelas 12 IPA, di sekolah yang sama. Dustin juga menjabat ketua OSIS.

Mereka mengikuti perlombaan level internasional ini secara daring. Perlombaan berupa melakukan penelitian secara ilmiah dengan sumberdaya lokal.

Siswa ini meneliti limbah kelapa sawit yang memberi manfaat penyuburan tanah. Penelitian mengenai pemanfaatan limbah kelapa sawit dan tandan kosong untuk meningkatkan nutrisi tanah.

Dalam bahasa Inggris, judul materi mereka adalah Implementation of oil palm boiller ash and empty bunches to increase PMK soil nutrients.

Kepala SMAN 2 Sanggau, Sigit Sukamto, Rabu (14/07/2021) mengatakan, prestasi ini merupakan sejarah baru bagi pencapaian siswa. Sebab, siswa ini mampu meraih medali di perlombaan tingkat dunia.

(Baca selanjutnya dengan klik pages 2)