200 Rumah Warga di Desa Nekan Terdampak Banjir, Tiga Rusak Parah

Kondisi bagian rumah warga Dusun Grama Jaya, Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Kamis (13/05/2021), yang rusak karena banjir. Foto : IST/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Banjir menerjang kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Sanggau. Lokasi persisnya di Desa Nekan, Kecamatan Entikong, pada Kamis (13/05/2021).

Banjir mulai surut pada Jumat (14/05/2021), dan pemerintah desa mencatat lebih dari 200 rumah terdampak. Dari jumlah itu, tiga rumah mengalami kerusakan parah.

Baca juga: Sepekan, 3 Meninggal di Sekadau Karena COVID-19

Kepala Desa Nekan, Tibisius Sanusi, mengatakan, hujan deras memicu genangan air, sehingga ratusan rumah warga terendam di Dusun Nekan dan Dusun Grama Jaya. Di masing-masing dusun, 100 kepala keluarga terdampak.

“Tiga unit rumah yang rusak parah. Dua unit mengalami jebol di bagian dinding, dan satu unit rumah mengalami retak dinding,” kata Sanusi.

Baca juga: Rutan Klas IIB Bengkayang Kelebihan Kapasitas

Pagar kantor Desa Nekan dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di desa itu ikut terdampak oleh arus air yang cukup deras.

Sanusi berharap, pemerintah kabupaten bisa memberikan perhatian khusus untuk kedua dusun tersebut. Seperti melakukan normalisasi sungai, sehingga alur air bisa lebih lancar dan tidak mengabikatkan genangan. (RED)