Ditinggal Berlebaran, Maling Menggasak Rumah di Sambas

maling saat lebaran
Tangkapan layar isi lemari yang diacak-acak maling di sebuah rumah di Kecamatan Teluk Keramat, Sambas. Foto: courtesy @sambasinformasi/ruai.tv
Advertisement

SAMBAS, RUAI.TV – Maling menggasak sebuah rumah warga di wilayah Kabupaten Sambas, saat penghuninya sedang melakukan kunjungan Lebaran. Rumah ini berada di Dusun Sange Mangge, Desa Teluk Kembang, Kecamatan Teluk Keramat.

Ketika pemilik rumah kembali dari berlebaran, menemukan isi rumahnya dalam kondisi porak-poranda. Lemari pakaian masih dalam kondisi terbuka, dan barang-barang berhamburan di sekitarnya.

Baca juga: Ramadhan Berakhir, Ini Pesan Ketua Masjid Besar Al Falah Sekadau

Advertisement

Sebuah video amatir beredar melalui akun Instagram @sambasinformasi pada Kamis (05/05/2022). Video ini menayangkan suasana isi rumah yang acak-acakan.

Suara perekam video terdengar beberapa kali mengucapkan “astagafirullah”. Suaranya pun terdengar terisak-isak sambil mengatakan kekagetannya dalam dialek khas Sambas.

Baca juga: Tabrakan di Jl Sosok-Sanggau, Pemotor Rujuk ke Pontianak

Di akun instagram tersebut, admin menyertakan keterangan singkat:

RUMAH WARGA DI BOBOL MALING, Waspada meninggalkan rumah bepergian saat lebaran ( Assalamualaikum, infokan min kecurian dari lebaran tahun lebaran itok di rumah Abang keduak saye. Tulong di infokan min, naik lewat jendele kace,abis kamar 2 igek di bukaknye,lokasi sange mangge desa teluk kembang kecamatan teluk keramat)

Maling Saat Lebaran

Caption ini menjelaskan, aksi maling yang masuk ke rumah itu melalui jendela kaca. Kemudian, maling itu melakukan aksinya di dua buah kamar.

Baca juga: Gubernur Midji Buka Masker, Lelaki 92 Tahun Ini Kaget

Pengguna Instagram memberikan komentar beragam. Selain menyatakan keprihatinan atas peristiwa ini, ada pula yang mengingatkan untuk selalu memastikan rumah dalam kondisi aman ketika bepergian.

Akun @agungjungle002 berkomentar: Hanya sekedar saran ,kalo mau bepergian kemne ” atau berape lamak paginye tulong usah nak di upload di media sosial ape pun karena dimedia sosial tok kite Daan tau Mane urang yang baik dengan Daan ,Karne urang tadek udah meliat postingan kite Sian di rumah atau agek bepergian jadi kesempatan urang untuk berbuat jahat

Baca juga: Pantun Wali Kota Singkawang di Malam Takbiran

Sementara akun @jatiapinus, menulis: Perlunye pertimbangan yg matang untok ngosongkan rumah,karne percume semanar begembok,bekunci. maseh juak pencuri trobos

Akun @bombastisbastis berkomentar: Semoga Allah SWT mengganti rezeki Nye yang lebih…kpd yang dapat musibah….dan untuk yang berbuat jahat semoga cepat ketangkap. (RED)

Advertisement