Vaksinasi Nakes Kalbar Lebihi Target Hingga 113 Persen

Vaksinasi Covid-19 di Aula Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Sabtu (06/03/2021). Foto: Konradus Hasantaris Tibo/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Barat saat ini terus dilakukan. Vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) sudah selesai seluruhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, Sabtu (06/03/2021) mengatakan, dari target 25.020 nakes di seluruh Kalimantan Barat, sudah divaksin sebanyak 28.420 orang atau melebihi target dengan capaian sekitar 113 persen.

Baca juga: Meski Sudah Vaksinasi, Masuk Kalbar Tetap Wajib Negatif PCR

Dari 25.020 orang itu, 30 di antaranya mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dengan gejala ringan seperti demam hingga pusing dan saat ini sudah sembuh.

Vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) dan pelayan publik lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat masih digelar Sabtu ini di Aula Dinas Kesehatan Kalimantan Barat.

Baca juga: Jaksa Masuk Kampus di Pontianak, Edukasi Pencegahan Korupsi

Harisson mengatakan, layanan vaksinasi untuk lansia juga ada di beberapa rumah sakit dan puskesmas. Target lansia di Kota Pontianak sebanyak 17.803 orang. Saat ini proses vaksinasi untuk lansia masih terus berlangsung.

“Selanjutnya pelayan publik untuk kelompok-kelompok lain juga akan divaksinasi dengan target keseluruhan di Kalimantan Barat mencapai 291.654 orang dan berdasarkan data hingga Jumat 5 Maret 2021 sudah 4.842 orang yang divaksinasi,” ujar Harisson.

Baca juga: Penataan Lahan Kumuh di Sekadau, Perbaiki Jalan Hingga Drainase

Target vaksinasi tergantung jumlah vaksin yang dialokasikan. Harisson mengatakan, sebenarnya ingin seluruh masyarakat divaksin.

“Namun terkendala alokasi vaksin yang datangnya tersendat. Hal itu karena pabrikan vaksin harus mensuplai kebutuhan vaksin di seluruh dunia tidak hanya Indonesia saja,” kata Harisson.

Vaksin tahap kedua di Kalimantan Barat memperoleh kuota 8.780 untuk sekitar 87.800 orang. (RAY)