Tembokpedia di Pontianak, Ekspresi Seni Lewat Mural

Tembokpedia di Pontianak, Ekspresi Seni Lewat Mural
Aksi Mural yang digelar Komunitas Tembokpedia Pontianak di Gg Tiongkandang 2, Kelurahan Sungai Jawi Dalam, selama empat hari. Foto: courtesy Mia Islamidewi

PONTIANAK, RUAI.TV – Ekpresi seni anak-anak muda di Kota Pontianak, menjadikan tembok di sisi Gg Tiongkandang 2, Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, penuh akan pesan-pesan moral.

Sejumlah anak muda dari Komunitas Tembokpedia Pontianak, melakukan Aksi Mural di tempat itu, Minggu (05/09/2021). Aksi ini berlangsung selama empat hari.

Di hari pertama, mereka memberi warna dasar dengan cat putih pada bidang tembok. Berlanjut ke hari kedua muai menggores sketsa. Komunitas ini memberikan briefing lagi di hari ketiga untuk peserta.

Terakhir mewarnai sketsa yang sudah ada, dan menyampaikan refleksi terhadap mural yang telah selesai mereka buat.

Baca juga: Peduli Duyung di Perairan Ketapang, Relawan Bikin Mural di Pantai

Koordinator Umum Tembokpedia Pontianak, Uray Agustian, mengatakan, keterlibatan anak-anak melukis mural ini, untuk membentuk karakter melalui media menggambar di tembok.

“Setelah mereka selesai membuat lukisan mural, relawan kami akan menjelaskan pesan edukatif terkait gambar yang telah mereka buat,” kata Uray Agustian, Selasa (07/09/2021).

Komunitas ini sudah terbentuk sejak 2019 dengan Maya sebagai inisiatornya. Tembokpedia Pontianak merupakan komunitas yang mengusung metode pengabdian kepada masyarakat. Mewadahi anak-anak mengembangkan ide dan kreativitas melalui lukisan mural yang memuat pesan moral.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2