Dodol Aneka Buah, UMKM di Dusun Ini Raih Omzet Rp 10 Juta Sebulan

Dodol Aneka Buah, UMKM di Dusun Ini Raih Omzet Rp 10 Sebulan
Pembuatan dodol pisang di Dusun Soga, Desa Karimunting. Foto: DOK/ruai.tv

BENGKAYANG, RUAI.TV – Kelompok perempuan di pesisir Kabupaten Bengkayang, memanfaatkan jenis buah-buahan sebagai bahan dasar pembuatan makanan ringan berupa dodol. Mereka membentuk diri dalam dua kelompok, masing-masing beranggotakan lima orang.

Dari kekuatan itu, para perempuan ini membentuk Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan nama “Dodol Jadoel”. Ide ini muncul ketika pandemi akibat penyebaran virus corona, yang belum menampakkan tanda berakhir.

Di sisi lain, mereka melihat melimpahnya buah pisang di sekitar dusun. Berbekal kreativitas dan semangat, lahirlah produk-produk dodol yang mereka buat di dapur sendiri.

Baca juga: Turun Drastis, Pendapatan Pengrajin Bidai Rotan di Perbatasan RI-Malaysia

Kelompok pembuat dodol ini berada di Dusun Soga, Desa Karimunting, Kecamatan Sugai Raya. Wilayah ini terbilang daerah pesisir di Kabupaten Bengkayang.

Satu di antara penggagas usaha dodol, Aprianingrum, mengatakan, bahan baku buah pisang tersedia di sekitar dusun. Harganya pun terbilang murah, sehingga menggerakkan dia dan kelompoknya untuk kreatif merealisasikan ide ini.

“Dodol pisang menjadi produk unggulan kami. Saat ini sedang dalam proses mengurus perizinannya,” tutur Ningrum, Senin (06/09/2021).

Baca selanjutnya dengan klik pages 2