Satgas Covid-19 Anjurkan Tidak Kunjungi Mempawah dan Landak

Ilustrasi - Suntikan vaksin. Foto: Dok/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Sebanyak 84 orang kasus konfirmasi baru Covid-19 di Kalimantan Barat per Sabtu (13/03/2021) terbanyak di Kabupaten Mempawah 28 orang dan Kabupaten Landak 27 orang.

Menyikapi hal ini, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Barat dalam rilisnya yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Proivinsi Kalimantan Barat, Harisson Sabtu, mengeluarkan warning atau peringatan untuk kedua kabupaten itu.

Baca juga: Mempawah dan Landak Terbanyak Kasus Baru Covid-19

Di antaranya meminta seluruh sekolah ditutup, kemudian masyarakat dianjurkan tidak berkunjung kedua daerah tersebut. Kecuali untuk hal-hal sangat penting yang tidak bisa dihindari, dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian meminta Satgas Kabupaten Mempawah dan Landak harus terus aktif melakukan tracing, testing, treatment dan lakukan isolasi di rumah isolasi yang disiapkan oleh pemerintah untuk kasus positif dengan Cycle Threshold (CT) dibawah 29 agar tidak terjadi penularan.

Baca juga: Pak Gub, Ini Aspirasi Warganet Kalbar Soal Listrik

Isolasi mandiri harus diawasi oleh RT/RW, Kepala Desa bagi kasus positif dengan CT 29 ke atas.

Jika satgas Kabupaten tidak mampu melaksanakan isolasi di rumah isolasi yang disiapkan pemerintah, maka orang dengan kasus konfirmasi Covid-19 tersebut dapat dikirim ke unit pelatihan kesehatan (Upelkes) di Pontianak.

Baca juga: Gubernur Midji Janjikan Listrik di 100 Desa di Kalimantan Barat

Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Barat memastikan, siap merawat kasus-kasus tersebut. (*/RAY)