Rajin Setor Sampah, Bocah SD di Pontianak Terima Rp 50 Ribu Sebulan

Rajin Setor Sampah, Bocah SD di Pontianak Terima Rp 50 Ribu Sebulan
Dua pelajar kembar di Kota Pontianak menerima penghargaan karena telah peduli lingkungan. Foto: Prokopim/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Dua saudara kembar yang merupakan pelajar kelas lima SDN 34 Pontianak, rutin menyetor sampah ke bank sampah “Rumput Hias” di Jl Petani, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota.

Mereka membawa sampah dari rumah ke tempat itu menggunakan gerobak arco. Sampah-sampah ini menjalani proses daur ulang di bank sampah tersebut.

Saudara kembar ini bernama Muhammad Faris As Sidiq dan Muhammad Daris As Sidiq, berusia 11 tahun. Mereka menerima pemahaman tentang pengelolaan sambah dari sang ibu.

Advertisement

Pemerintah Kota Pontianak memberikan penghargaan kategori nasabah cilik bank sampah, saat puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Taman Alun Kapuas, Sabtu (05/03/2022).

Baca juga: 140 Peserta Ikuti MTQ XXX Pontianak Utara

Dalam sebulannya mereka menghasilkan sekitar Rp 50 ribu dari sampah yang mereka jual ke bank sampah. Dan sekali bawa, biasanya mereka mengangkut satu arco sampah.

Muhammad Faris menuturkan, aktivitas itu sudah berlangsung sejak bank sampah itu berdiri pada 2018. Ibu mereka selalu memberikan bimbingan, sehingga kini mereka bisa melakukannya secara mandiri.

“Kami mengajak teman-teman untuk bisa melakukan hal yang sama demi lingkungan yang kita cintai,” tutur Faris.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2 atau KLIK di SINI!

Advertisement