Pohon Tabebuya di Kota Pontianak Mulai Berbunga

Satu di antara pohon tabebuya yang sudah berbunga di Kota Pontianak. Foto: courtesy facebook @Edi Rusdi Kamtono.

PONTIANAK, RUAI.TV – Warga Kota Pontianak kini mulai menyaksikan pamandangan baru di sejumlah ruas jalan kota ini. Pohon tabebuya yang ditanam di sejumlah titik sebagai pohon peneduh, kini mulai berbunga.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengunggah foto pohon yang sudah berbunga di akun Facebook-nya.

“Alhamdullilah pohon Tekoma-nya berbunga. Jadikan #Pontianakcantek,” tulis Edi, Selasa (23/03/2021) pukul 18.54 WIB di laman Facebook @Edi Rusdi Kamtono.

Baca juga: Polda Kalbar Terapkan Tilang Elektronik Akhir April 2021

Sejumlah warganet memberi reaksi di kolom komentar. Tak sekadar komentar, ada juga yang turut mengunggah foto yang dijepret sendiri.

Bahkan ada pula warganet yang mengaku baru menyadari pohon-pohon itu mulai berbunga, meski setiap hari melintasi ruas jalan itu.

Pemilik akun Facebook Deasy Marieta, berkomentar: “Iya nih saya suka lwat sinik dipingir jalan sultan abdurrahman pas pergi kerja…bagus jdi pemandangan jdi pingin berselpi dibawah pohon ini..baru tau namanya pohon tekoma..”

Baca juga: Pengerajin Perbatasan Pasarkan Produk Lewat Medsos

Tiur Andelina Sianturi menulis: “Pantas pas lewat depan RS mitra Medika kayaknya ada yg berbeda pak, cantik banget bunga nya.. bikin Pontianak kelihatan berbeda. Semangat terus pak.”

Edo TaZki Prasitha menulis: “Dari tadi banyak mang yang moto e ni, pas di depan kantor saye. Hahahaa. Saye moto e dari lantai 3 jak.”

Withney Gabriella menulis: “Saya tiap hr lewat liat bunga ni cantek sekali…selalu bertanya tanya sape yg nanam pohon bunge cantek benar.”

Baca juga: Akan Bertambah, Pos Lintas Batas Negara di Kalimantan Barat

Pada Oktober tahun lalu, pemerintah kota melakukan penanaman sejumlah pohon tabebuya di beberapa titik. Di pinggir halaman Kantor Wali Kota sendiri, sebanyak 30 pohon telah ditanam pada 10 November 2020 dan bibitnya merupakan sumbangan dari Club Pecinta Lingkungan.

Ratusan pohon tatebuya yang kemudian ditanam di sejumlah titik di pinggir jalan kota menyelingi pohon peneduh. Secara fisik, pohon tabebuya mirip pohon sakura. Bunganya pun berbacam warna, seperti warna putih, merah muda, ungu, dan kuning.

Edi mengatakan, kota ini tak hanya dihijaukan dengan aneka pepohonan, tetapi juga dibuat semarak dengan bunga warna-warni. (*/SVE)