Lomba Desain Tenun Corak Insang, Yuk Ikut!

lomba desain corak insang 2022
Contoh desain motif corak insang yang menjadi cirikhas di Kota Pontianak. Foto: Prokopim/Kominfo/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Kain tenun motif corak insang telah menjadi ciri khas busana lokal di Kota Pontianak. Selain pakaian, berbagai aksesoris bahkan simbol-simbol lainnya juga mengadopsi motif ini.

Kesempatan terbuka bagi pegiat grafis, untuk mengikuti Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi 2022. Dekranasda Kota Pontianak mengadakan lomba ini, dengan jadwal pendaftaran dan penyerahan sketsa dalam rentang 8 hingga 25 September 2022.

Lomba ini bertemakan “Pontianak Punye Cerite, Corak Insang Punye Kite”. Usia peserta antara 14 sampai 58 tahun.

Advertisement

Baca juga: Mulai Naik, Harga Sawit Periode Kedua Agustus 2022 di Kalbar

Ketentuan untuk peserta perseorangan harus memiliki identitas atau KTP sebagai warga Kota Pontianak. Pengecualian untuk peserta kelompok maksimal tiga orang dengan satu orang boleh ber-KTP luar Kota Pontianak.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, mengatakan, lomba ini menjadi cara memberi kesempatan kaum muda menuangkan ide dan kreasinya dalam karya desain.

“Saya ingin menularkan rasa bangga terhadap penggunaan desain corak insang kepada generasi muda,” kata Yanieta.

Baca juga: Pimpinan Panti Cabuli Anak Asuh di Ketapang

Dia menyebut, desain harus memadukan motif corak insang dan ornamen-ornamen khas Kota Pontianak. Ornamen khas itu seperti Tugu Khatulistiwa, Masjid Jami’, Istana Kadriyah, meriam karbit, bunga cengkeh, bunga tanjung, bunga telur, lidah buaya dan lainnya.

“Sehingga akan tercipta motif-motif corak insang kreasi yang baru supaya hasilnya lebih bervariasi,” ujar Yanieta.

Dekranasda pernah menggelar lomba sejenis pada 2020 lalu. Dekranasda menggunakan hasil karya penenang untuk desain pada kain.

Baca juga: Pol PP Tangkap Pelajar SMP Bolos Sekolah

“Bahkan busananya sudah ada yang terjual di griya Dekranasda,” sebut Yanieta.

Ketua Panitia Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi 2022, Ruli Sudira, mengatakan, tidak ada biaya dalam pendaftaran mengikuti lomba. Peserta boleh perorangan, juga boleh per kelompok dengan anggota paling banyak tiga orang.

Cara daftar lomba desain secara online melalui tautan bit.ly/lombadesainmotiftenuncorakinsangkreasi2022 dan memfollow akun instagram @dekranasdapontianak. (*/RED)

Advertisement