Kelurahan Bersih Narkoba, Tiga Daerah Percontohan di Pontianak

Kelurahan Bersih Narkoba, Tiga Daerah Percontohan di Pontianak
Membahas penunjukan tiga kelurahan bersih narkoba di Ruang VIP Wali Kota Pontianak, Rabu (09/06/2021). Foto: courtesy Prokopim Kota Pontianak/ruai.tv

Meningkatkan Potensi Ekonomi

Kelurahan Bersinar tidak hanya semata menyampaikan sosialisasi. Juga melakukan pemberdayaan masyarakat, dengan mempertimbangkan potensi sosial ekonomi di wilayah tersebut.

“Misalnya ada potensi menjahit, maka kita memberikan pelatihan agar masyarakat tidak tergiur dan terjerumus dalam penyalahgunaan atau pengedar narkoba,” tutur Teguh.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengatakan, perang terhadap narkoba telah menjadi komitmen bersama. Sebab dampak yang muncul sangat merugikan. Merusak sendi-sendi kehidupan terutama bagi yang terpapar.

“Ini menjadi tantangan kita semua bagaimana kita mendeteksi, mengeliminir, jangan sampai ada warga terpapar narkoba,” kata Edi.

Kelurahan Bersih Narkoba Melibatkan Ketua RT/RW

Edi mengharapkan para Ketua RT, RW, tokoh masyarakat, dan warga di lingkungan masing-masing ikut peduli dan tanggap apabila menemukan warganya yang dicurigai terpapar narkoba.

“Bagi para orang tua, kalau ada anak-anak atau remaja yang tingkah lakunya mencurigakan, jarang di rumah, orang tua sudah sepatutnya mewaspadai,” tegas Edi.

Penanganan terhadap penyalahgunaan narkoba menjadi lebih optimal, dengan melakukan deteksi sedini mungkin. (*/SVE)