Arsip

Ini Dia Ketua DAD Kalbar Periode 2022-2027

Ketua DAD Kalbar
Ketua Terpilih DAD Provinsi Kalbar (tengah) periode 2022-2027 dalam Musyawarah VI DAD Kalbar. Foto: TS/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Musyawarah VI Dewan Adat Dayak (DAD) Kalbar pada Sabtu (21/01/2023) berlangsung di Kota Pontianak. Agendanya berupa pemilihan Ketua DAD Provinsi Kalbar untuk periode 2022-2027.

Tiga kandidat tampil dalam bursa ketua saat pemilihan. Ketiganya adalah Cornelius Kimha, Jakius Sinyor, dan Yulius Aho. Jakius Sinyor merupakan Ketua DAD Provinsi Kalbar periode sebelumnya.

Baca juga: Semua Data Kependudukan Tersedia di HP, Begini Caranya

Advertisement

Sekretaris Jenderal Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Yakobus Kumis menjadi Pimpinan Pleno Sidang Tetap pada agenda ini. Pemilik suara pemilihan berasal dari 14 DAD Kabupaten/Kota se-Kalbar, dan satu suara DAD Provinsi Kalbar, serta satu suara MADN.

Dengan demikian ada 16 suara yang para kandidat perebutkan dalam pemilihan. Setelah pemilihan berlangsung, Cornelius Kimha muncul sebagai pemenang dengan perolehan 13 suara. Sedangkan Jakius Sinyor memperoleh satu suara, dan Yulius Aho mendapat dua suara.

Baca juga: Anggota Dewan “Ngegas” Saat Rapat Soal Jalan Rusak

“Berdasarkan hasil pemilihan, Cornelius Kimha terpilih sebagai Ketua DAD Kalbar,” kata Yakobus Kumis.

Ketua DAD Kalbar terpilih menjadi Ketua Tim Formatur, yang akan menyusun komposisi pengurus dalam waktu satu bulan ke depan.

Baca juga: Kades Jabat 9 Tahun, Ini Kata Legislator Sintang Rudy Andryas

Cornelius Kimha merupakan seorang pensiunan ASN. Dia pernah menjadi Bupati Kabupaten Pontianak (kini bernama Kabupaten Mempawah). Selain itu, terlibat cukup aktif di bidang pelestarian adat dan budaya Dayak. (TS/RED)

Advertisement