Hujan Deras Landa Pontianak, Wali Kota: Waspada Cuaca Ekstrem

Hujan deras melanda Kota Pontianak, Kamis (15/04/2021). Foto: IST/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Hujan deras disertai petir melanda Kota Pontianak, Kamis (15/04/2021) pukul 14.15 WIB. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengingatkan warga Pontianak untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.

Baca juga: 169 Calon Polisi di Bengkayang Jalani Seleksi Administrasi

Dia menjelaskan, adanya bibit siklon tropis 94W berpotensi menyebabkan peningkatan potensi hujan lebat hingga sangat lebat, yang juga disertai angin kencang dan gelombang tinggi dalam rentang 13 – 19 April 2021.

Rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, bibit siklon tropis 94W di Samudera Pasifik dari Timur Laut Papua dapat menjadi siklon tropis beberapa hari ke depan.

Baca juga: Harga Daging Ayam Naik di Pasar Teratai Bengkayang

“Masyarakat kita imbau agar mewaspadai apabila terjadi tanda-tanda alam seperti awan gelap, angin kencang dan lainnya,” kata Edi.

Angin kencang berpotensi mengakibatkan tumbangnya pohon, dan kerusakan atap rumah, sebagaimana di waktu lalu pernah terjadi di Kota Pontianak.

Baca juga: Satu Meninggal, 3 Rumah Rusak Ditabrak Truk di Desa Bagak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak diperintahkan terus memonitor dan berkoordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca secara berkala. (*/SVE)