Hari Ini, Geladi Bersih Pelantikan Lima Pasang Bupati dan Wakil

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. Foto: ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar geladi bersih pelantikan lima pasang bupati dan wakil bupati, Kamis (25/02/2021) di Balai Petitih Kantor Gubernur.

Para kepala daerah baru ini merupakan hasil pemilihan langsung yang digelar serentak Desember tahun lalu. . Pelantikan kelima pasang kepala daerah baru ini direncanakan Jumat (26/02/2021).

Pemprov membatasi jumlah orang yang boleh mengikuti pelantikan tatap muka itu. Gubernur Sutarmidji meminta yang hadir berkisar 25 hingga 30 orang saja. Selain pasangan yang dilantik, cukup dihadiri keluarga inti

Inilah mereka:

Bengkayang: Bupati Sebastianus Darwis – Wakil Bupati Syamsul Rizal
Sintang: Bupati Jarot Winarno – Wakil Bupati Sudiyanto
Melawi: Bupati Dadi Sunarya Usfa Yursa – Wakil Bupati Kluisen
Kapuas Hulu: Bupati Fransiskus Diaan – Wakil Bupati Wahyudi Hidayat
Ketapang: Bupati Martin Rantan – Wakil Bupati Farhan

Sebanyak 200 personel dari Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) telah disiagakan untuk mengamankan jalannya pelantikan ini.

Sebanyak tujuh kabupaten menggelar Pemilukada langsung tahun lalu. Lima pasang yang segera akan dilantik. Sementara untuk Kabupaten Sekadau, masih menanti persidangan di Mahkamah Konstitusi, karena ada kandidat yang mengajukan gugatan atas hasil pemilukada itu. Sementara di Kabupaten Sambas, incumbent masih menyelesaikan sisa masa jabatan. (SVE)