Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Foto: Courtesy YouTube Sekretariat Kabinet RI/ruai.tv

Tak Ucapkan Kata “Negara”, Gubernur Baru Ini Ulangi Sumpah

JAKARTA, RUAI.TV – Grogi saat mengucapkan sumpah jabatan sangatlah manusiawi. Bahkan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, pernah pula kelewatan beberapa kata, saat dahulu menjalani pelantikan.

Di Indonesia, kejadian seperti ini terlihat pada 25 Agustus 2021 lalu. Saat itu, Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan di Istana Negara, Jakarta. Gubernur Sahbirin Noor dan Wakilnya, Muhiddin, menjadi pemimpin baru di provinsi itu untuk periode 2021-2024.

Baca juga: Ini Dia, Vaksin Baru Buatan Rusia

Saat pengucapan sumpah, Gubernur Sahbirin Noor sempat terlewat mengucapkan kata “Negara” dalam petikan sumpah yang didiktekan Presiden. Bunyi kalimat sumpah tersebut, “memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia…”

Namun, Gubernur Sahbirin Noor hanya menyebutkan: “memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia…”

Mendengar itu, Presiden Jokowi berkata, “Saya ulangi.” Dan dia kembali mendiktekan penggalan sumpah tersebut, degan sedikit penekanan pada kata “Negara”.

Baca juga: Pakai Ijazah Palsu, Anggota Dewan Ini Jadi Tersangka

Sahbirin Noor kembali menirukan petikan kalimat tersebut,”memegang teguh Undang-Undang Dasar… (sempat berhenti sejenak, baru melanjutkan) Negara Republik Indonesia…”

Sementara saat bersamaan, Wakilnya, Muhiddin, terlihat lancar-lancar saja dalam pengucapan sumpah ini. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Negara menayangkan bagian pengucapan sumpah itu di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Baca juga: Pengusaha Pontianak Lelang Rumah Bantu Vaksinasi

Setelah pelantikan, Sahbirin Noor, mengatakan, penanganan COVID-19 menjadi satu di antara program prioritas kepemimpinannya.

“Melakukan konsolidasi organisasi, kemudian menjalankan segala program yang sudah ada, dan menyinergikan dengan pemerintah pusat, provinsi tentunya dan kabupaten/kota,” kata Sahbirin Noor. (RED)