Uskup Agung Pontianak Raih “Inspiring Profesional Award”

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus. Foto: Severianus Endi/ruai.tv

ANJONGAN, RUAI.TV – Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, menjadi satu di antara penerima “Inspiring Profesional Award 2021” dari Indonesia Award Magazine. Penganugerahannya akan digelar 26 Februari 2021 di Mercure Hotel Gatot Subroto, Jakarta.

Uskup Agustinus menyampaikan informasi itu kepada sejumlah wartawan Katolik di Rumah Retret “Santo Yohanes Paulus II” Anjongan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Minggu (14/02/2021).

Sejak Sabtu, sejumlah wartawan melewatkan akhir pekan di tempat itu. Setelah sebelumnya mengikuti misa yang dipersembahkan khusus oleh Uskup Agung untuk para pewarta Katolik.

“Barangkali saya tidak sempat menghadiri acara penganugerahan award itu karena padatnya agenda. Tapi satu hal ingin saya sampaikan, jangan pernah berhenti berpikir dan memberi inspirasi,” kata Uskup Agustinus.

Dia memberikan contoh kecil tentang hal-hal yang menginspirasi. Seperti di kompleks rumah retret itu, mendirikan patung Santo Yohanes Paulus II dengan pijakan tunggul kayu ulin (tebelian) berukuran raksasa.

“Saya merasa perlu menghasilkan ide-ide, bahkan yang mungkin orang lain tidak pernah pikirkan. Membuat dudukan patung itu dari tunggul kayu tebelian, sekadar contoh kecil,” tutur Uskup Agustinus.

Baca juga: 

Hendak Dampingi Menag Jumpai Paus, Uskup Agus Terima Vaksin

Selain persoalan rohani, Uskup Agustinus memberi perhatian besar terhadap permasalahan sosial. Termasuk membangun hubungan erat lintas agama, untuk mengembangkan relasi dan dialog kemanusiaan.

Bahkan aspek arsitektur pun tak lepas dari perhatiannya, yang diwujudkan dalam pengembangan sejumlah fasilitas rohani yang berada di bawah kewenangannya.

“Bukan soal modernnya suatu bangunan, tetapi bagaimana mempresentasikan budaya lokal dalam bangunan-bangunan itu,” katanya.

Gedung aula di kompleks rumah retret itu, tambah Uskup Agustinus, dibangun menyerupai Katedral Santo Yosef Pontianak yang lama, yang dibangun para misionaris lebih seratus tahun lalu.

Sementara saat ini Katedral itu sudah hadir dengan bangunan baru, maka umat tetap bisa mengenang bangunan lama itu di kompleks rumah retret.

“Ini bangungan gaya lama yang dihadirkan kembali dalam nuansa kekinian,” ucap Uskup Agustinus.

Indonesia Award Magazine memberikan penghargaan bagi pihak-pihak yang dinilai telah memberi inspirasi. Ini menjadi bentuk apresiasi bagi pribadi unggul, dengan tingkat kebermanfaatan yang tinggi bagi masyarakat. (SVE)