BMKG: Curah Hujan Kategori Rendah di Sebagian Kalimantan Barat

Ilustrasi: unsplash.com

MEMPAWAH, RUAI.TV – Prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Klimatologi Mempawah, Kalimantan Barat, menyebutkan, curah hujan dari 21 hingga 28 Februari 2021 secara umum berkisar antara 60-90 mm/dasarian dengan kategori hujan rendah.

Potensi curah hujan dipastikan masih rendah di sebagian wilayah Kalimantan Barat, namun potensi curah hujan di wilayah hulu lebih tinggi dibandingkan wilayah lainnya. Distribusi curah hujan cenderung berkurang pada pertengahan dasarian di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.

Baca juga: Hotspot Kalbar Tembus 325 Titik, Kubu Raya Masih Tertinggi

“Perlu diwaspadai dampak dari berkurangnya curah hujan pada pertengahan dasarian tiga Februari 2021. Masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada serta mengantisipasi potensi munculnya titik panas,” bunyi imbauan BMKG Staklim Mempawah.

Sebaran hotspot di Kalimantan Barat, menurut data LAPAN dari pukul 07.00 Wib Kamis (25/02/2021) sampai pukul 07.00 Wib Jumat (26/02/2021) mencapai 325 titik.

Baca juga: Hostpot di Kalbar Nyaris 100 Titik, Kubu Raya Tertinggi

Naik drastis dibandingkan satu hari sebelumnya yang dengan 96 titik. Dari 14 Kabupaten Kota di Kalimantan Barat, Kabupaten Kubu Raya masih menempati posisi tertinggi jumlah sebaran hotspot yaitu mencapai 234 titik.

Sedangkan untuk Kabupaten Sanggau, Melawi dan Kota Singkawang belum terpantau hotspot. (RAY)