Disiplin Prokes Kendor, Angka Covid-19 di Landak Meningkat

Ilustrasi: unsplash.com

NGABANG, RUAI.TV – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Landak mengalami peningkatan per 13 Maret 2021. Kepala Dinas Kesehatan Kandak, Subandri, mengatakan, lonjakan kasus baru diduga karena kendornya disiplin terhadap protokol kesehatan dalam sebagai kegiatan masyarakat.

Baca juga: Positif Covid, 69 Pekerja Migran dari Malaysia: 46 dari Kalbar, 23 dari Luar

“Adanya 27 kasus baru di Landak per 13 Maret 2021, merupakan hasil pemeriksaan sampel 404 orang se-Kalimantan Barat pada 4 Maret lalu,” kata Subandri, Senin (15/03/2021).

Dia menuturkan, rentang Januari-Maret kasus di kabupaten itu mengalami peningkatan terbilang tinggi, meski tanpa menyebut jumlahnya. Sementara pada November-Desember tahun lalu, kasusnya cenderung landai.

Baca juga: Satgas Covid-19 Anjurkan Tidak Kunjungi Mempawah dan Landak

“Tiga bulan terakhir pada 2021 ini, peningkatan kasus dipicu beberapa faktor, di antaranya perayaan Natal dan tahun baru, juga acara gawai masyarakat, yang kurang memperhatikan penerapan prokes,” jelas Subandri.

Baca juga: Mempawah dan Landak Terbanyak Kasus Baru Covid-19

Sebanyak 27 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini menjalani isolasi mandiri. Subandri mengatakan jika nilai CT pasien di bawah 29, akan langsung dirujuk ke Upelkes Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. (KAR)