Waduh, Titik Api Hanya Berjarak 15 Meter dari Gedung Sekolah

Petugas berusaha memadamkan api yang hanya terpaut 10-15 meter dari SMAN 4 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Foto: courtesy BPBD Kalimantan Barat

KUBU RAYA, RUAI.TV – Kebakaran hutan dan lahan kian marak akhir-akhir ini di Kalimantan Barat. Di antara pemicunya, cuaca yang mulai memasuki masa kering.

Semak belukar terutama di wilayah gambut, mudah sekali tersulut api. Seperti yang terjadi di kawasan dekat SMAN 4 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Area gambut seluas dua hingga tiga hektare di sekitar sekolahan itu sudah terbakar sejak Selasa (16/02/2021) dan belum padam total hingga Rabu (17/02/2021). Jarak antara titik api dengan gedung sekolah hanya terpaut 10 hingga 15 meter.

Melalui akun Instagram-nya, Edi Susanto, Kepala Seksi Pencegahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat, membagikan kondisi lapangan dan usaha petugas melakukan pemadaman.

https://www.instagram.com/p/CLYwyvjBAk8/

“Untuk saat ini api belum benar-benar bisa dipadamkan, tetapi tim sudah melakukan pembasahan di lingkungan area sekolah. Sebagai upaya meminimalisir jarak api yang mendekati bangunan sekolah,” kata Edi kepada ruai.tv

Untungnya, di dekat lokasi itu tersedia sekat kanal yang dibuat oleh Badan Restorasi Gambut (BRG), sehingga tersedia cukup air untuk operasi pemadaman. (SVE)