Warga Bakar Semak, Nyaris Merembet ke Pemukiman

Foto udara menampakkan petugas sedang memadamkan api. Foto: courtesy BPBD Ketapang

KETAPANG, RUAI.TV – Warga membakar semak belukar di Desa Sungai Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Sabtu (13/02/2021), sebagai cara membuka lahan untuk kebun. Api kemudian menjalar sehingga memicu kebakaran lahan seluas 1,5 hektare.

Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang bersama Tim Gabungan segera berupaya melakukan operasi pemadaman.

Mereka beradu cepat dengan kobaran api, agar tidak merembet ke pemukiman warga yang berada di sekitar lokasi.

“Situasi di Sungai Sirih, kami menemukan perkebunan yang sudah dibakar untuk selanjutnya akan ditanami. Tetapi cara ini akan menimbulkan masalah baru, api akan menjalar ke berbagai lahan, ataupun menyebabkan penyakit bagi masyarakat yang tinggal di dekat pemukiman,” kata Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Ketapang, Yogi,

Rekaman video milik BPBD Ketapang yang dikirimkan kepada ruai.tv, memperlihatkan asap mengepul dari hamparan lahan yang dikitari kebun kelapa sawit.

Tim melakukan penyuntikan air ke dalam tanah menggunakan nosel, agar api yang berada di lapisan bawah padam. Setelah satu jam, petugas berhasil memadamkan kobaran api. (AGU)