Ketapang Rencanakan Satu Kecamatan Satu Sekolah Unggulan

Proses belajar mengajar di sebuah sekolah di Kabupaten Ketapang. Foto: DOK/ruai.tv

KETAPANG, RUAI.TV – Bupati Ketapang Martin Rantan dan Wakilnya, Farhan, menginginkan adanya peningkatan sumber daya manusia di kabupaten itu, yang didorong dengan pengadaan sekolah unggulan di setiap kecamatan.

Baca juga: Ortu Anggap Sekolah Tatap Muka Lebih Efektif

Saat ini, ada 20 kecamata di Kabupaten Ketapang. Pemerintah kabupaten akan mengusahakan, mnimal di setiap kecamatan memiliki satu SD dan SMP unggulan. Sebab jenjang SD dan SMP beraa di bawah kewenangan kabupaten, sementara jenjang SLTA berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi.

Baca juga: Satgas Covid-19 Pontianak Awasi Sekolah Percontohan

Pengadaan sekolah unggulan dianggap langkah awal menciptakan sumber daya manusia yang memiliki daya saing.

Farhan mengatakan, sumber daya manusia yang memiliki daya saing dapat dilaksanakan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat.

Baca juga: VIDEO: Pekan Lalu, Bengkayang Mulai Sekolah Tatap Muka

“Visi Ketapang cerdas, tidak hanya tentang pelaksanaan proses belajar mengajar. Tapi akan diberikan contoh, di setiap kecamatan ada sekolah yang unggul. Jenjang SD dan SMP merupakan kewenangan pemerintah kabupaten,” kata Farhan, Senin (22/03/2021).

Baca juga: Menteri Teten Dorong Koperasi dan UMKM di Pontianak Naik Kelas

Selain itu, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan bakal didongkrak dengan meningkatkan persentase akreditasi pendidikan usia dini dan dasar. Termasuk pemerataan tenaga pendidikan dan kependidikan disuruh kabupaten. Juga meningkatkan jumlah cakupan peserta didik yang diberikan bantuan beasiswa. (AGU)