Kapal Cepat Ketapang-Pontianak Beroperasi Kembali

ekspress ketapang-pontianak
Kapal cepat jurusan Ketapang-Pontianak. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

KETAPANG, RUAI.TV – Kapal Ekpress Al Firdaus Barokah jurusan Ketapang-Pontianak segera beroperasi kembali pekan depan. Pemilik kapan telah melengkapi persyaratan administrasi, sehingga boleh melakukan uji coba pelajaran.

Lokasi uji coba pelayaran di seputaran perairan Kota Pontianak. Direktur Al Firdaus Barokah Cabang Ketapang, Ujang Thalib, menyebut, uji coba pelayaran menjadi bagian persyaratan. Kapal wajib melalui tahapan ini, sebelum melayani pelayaran penumpang.

Baca juga: Harga Sawit Terbaru di Kalbar Periode Kedua Juli 2022

Advertisement

“Uji coba pelayaran di seputar laut Jungkat dan Sungai Kakap. Sepekan kemudian kita akan mulai beroperasi dengan rute Ketapang-Pontianak,” kata Ujang Thalib, Senin (08/08/2022).

Jika sudah beroperasi normal, kapal ini melayari rute Ketapang-Teluk Batang-Batu Ampar. Kemudian baru melayari area laut dan memasuki kawasan Teluk Intan-Batu Layang-hingga sandar di Pelabuhan Seng Hie, Pontianak. Perkiraan jarak tempuh untuk rute tersebut sekitar empat jam.

Baca juga: Narkoba dalam Deodorant Masuk Rutan Bengkayang

“Untuk mempercepat waktu, kapal akan melewati Teluk intan dan tidak melewati Jungkat. Ini akan menghemat waktu 30 menit. Penumpang akan berada di laut sekitar 20 menit,” jelas Ujang Thalib.

Sementara untuk di Ketapang sendiri, kapal ini sandar di Pelabuhan TPI Suka Bangun Dalam. Area ini berada di sekitar PLTU. Di tahap pertama ini, baru satu buah kapal cepat yang beroperasi.

Baca juga: Kalbar Bersiap Sambut Presiden Jokowi

Kapal dengan enam anak buah kapal (ABK) ini memiliki kapasitas 70 penumpang. Harga tiket Rp 365 ribu per orang dan mendapat jatah makan siang. (AGU/RED)

Advertisement