Gambut Terbakar di Ketapang, Petugas Kesulitan Air

KETAPANG, RUAI.TV – Kobaran api dan kepulan asap muncul di Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang, Selasa (16/2/2021) siang. Tim Manggala Agni dan Damkar Kabupaten Ketapang langsung mendatangi lokasi dan berupaya memadamkan api yang membakar lahan gambut yang ditumbuhi semak belukar tersebut.

“Kami terima laporan sekitar jam 12.20 WIB kemudian kami koordinasikan rekan dari Manggala Agni, kemudian jam 13.30 kita meluncur ke TKP,” kata Wadanru Damkar Ketapang, Rino Faresetya, usai melakukan pemadaman.

Rino mengatakan, luasan yang terbakar sekitar satu hektar lebih. Sumber air yang kurang menjadi kendala dalam upaya pemadaman lahan gambut itu.

“Sumber air agak susah ini, cuma masih ada sedikit air yang tertampung, jadi kita gunakan sebaik-baiknyalah untuk memadamkan lahan yang terbakar,” katanya.

Baca juga:
Karhutla di Kalbar Mulai Terjadi di Tiga Daerah
Warga Bakar Semak, Nyaris Merembet ke Pemukiman

Upaya pemadaman berkangsung sekitar 25 menit, dan akhirnya Damkar bersama Manggala Agni Daops Ketapang berhasil memadamkan api.

Intensitas hujan yang kurang dalam sepekan terakhir ini membuat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Damkar Ketapang mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar, karena bisa memicu kebakaran skala luas. (AGU)