26 Pengunjung Positif COVID-19, Ketapang Minta THM Ini Tutup Sementara

Razia Swab di sebuah tempat hiburan malam di Ketapang, 11 April 2021 lalu. Foto: DOK/ruai.tv

KETAPANG, RUAI.TV – Sebanyak 26 pengunjung Tempat Hiburan Malam (THM) di Ketapang, terkonfirmasi positif COVID-19.

Melalui razia yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 pada Malam Minggu 10 April lalu, sejumlah pengunjung THM langsung menjalani uji usap atau SWAB di tempat.

Baca juga: 113 Pengunjung Hiburan Malam di Ketapang SWAB di Tempat

Hasil uji usap itu baru terbit dan diumumkan per 19 April melalui surat resmi yang ditandatani Bupati Martin Rantan.

Sebanyak 26 orang tersebut berasal dari razia SWAB di Diskotik Hotel Borneo (13 orang), Diskotik Hotel Aston (7 orang), dan cafe-cafe di Pasar Rangge Sentap (6 orang).

Baca juga: Per 20 April, Ini Kebijakan Satgas COVID-19 di Kalbar

Pemerintah Kabupaten Ketapang meminta tempat hiburan malam tersebut menutup sementara kegiatan operasionalnya selama 10 hari terhitung sejak 19 April 2021, untuk mencegah penularan.

Sebelumnya diberitakan, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Kabupaten Ketapang mendatangi tempat hiburan malam di pusat kota kabupaten, Minggu (11/04/2021). Para petugas yang terdiri atas personil gabungan, mendatangi sejumlah tempat hiburan malam in door.

Baca juga: Pegawai Terpapar COVID-19, Kantor Disnakertrans Sintang Tutup 3 Hari

Di antaranya Pub Hotel Aston, Pub Hotel Borneo, Pub dan Karoke Black Box, serta kawasan cafe remang-remang di Pasar Rangge Sentap. Dari sejumlah tempat, terdata sebanyak 113 pengunjung yang langsung menjalani uji usap atau SWAB di tempat.

Baca juga: Kebakaran Hanguskan Satu Rumah di Desa Istana Sandai

Petugas terlebih dahulu mendata mereka, dan petugas khusus segera mengambil sample dari setiap pengunjung.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Ketapang, Muslimin, menegaskan, tindakan ini bukan yang terakhir. Sebab akan disusul oleh tindakan serupa pada waktu mendatang. (RED)