Rp 800 Juta Lebih, Kerugian SMAN 1 Silat Hulu Akibat Banjir

Rp 800 Juta Lebih, Kerugian SMAN 1 Silat Hulu Akibat Banjir
Peralatan komputer SMAN1 Silat Hulu rusak terendam banjir. Foto: DOK/ruai.tv

KAPUAS HULU, RUAI.TV – Banjir di Silat Hulu pekan lalu merusak sejumlah fasilitas umum maupun rumah penduduk. Para guru dan staf SMA Negeri 1 di Kecamatan Silat Hulu, melakukan pembersihan area sekolah dari sisa-sisa banjir Minggu (18/07/2021).

Sekolah ini berada di Desa Nanga Dangkan. Sejumlah ruangan terendam genangan air saat banjir melanda. Para guru dan staf merapikan sejumlah peralatan elektronik, buku, meja, kursi. Barang-barang ini berbalut lumpur. Juga, mereka menimba sisa air yang tergenang di sejumlah ruangan.

Staf Tenaga Administrasi SMA Negeri 1 Kecamatan Silat Hulu, Anyi, memaparkan data kerusakan fasilitas sekolah tersebut. Di antaranya, sembilan ruang kelas dengan 100 set meja kursi hancur, ruang perpustakaan dengan 1.000 lebih eksemplar buku hancur.

Berikutnya, ruang guru, ruang TU, Ruang Kepala Sekolah, Lab IPA, Lab Komputer, dan ruang Osis.

Baca juga: Pasca Banjir Dinkes Kapuas Hulu Buka Posko Pelayanan Gratis

Sejumlah alat elektronik dalam ruangan tersebut rusak parah. Mereka tidak bisa menggunakan peralatan ini lagi. Di antarnya, komputer PC 24 unit, tablet 45 unit, laptop 25 unit, LCD 5 unit, printer 7 unit, tape recorder 2 unit.

“Speaker besar yang bisa dibawa kemana-mana juga rusak. Dua salon parah juga, termasuk rapor siswa dan data guru-guru,” kata Anyi.

Ketika banjir bandang tiba-tiba melanda saat itu, pihak sekolah tidak sempat berbuat apa-apa.

“Belum pernah terjadi banjir sebesar itu dan banjir itu merata di Silat Hulu,” sambung Anyi.

(Baca selanjutnya dengan klik pages 2)