Arsip

Yohanes Ontot Resmi Dilantik Sebagai Ketua DAD Sanggau Periode 2024-2029

Yohanes Ontot resmi dilantik sebagai Ketua DAD Sanggau periode 2024-2029. (Foto/ist)
Advertisement

SANGGAU, RUAI.TV – Yohanes Ontot resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau masa bakti 2024-2029.

Upacara pelantikan yang berlangsung di Rumah Betang Raya Dori Mpulor, jalan Sanggau-Bodok, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin (10/06/2024), dipimpin langsung oleh Ketua Umum DAD Kalimantan Barat, Cornelius Kimha. Posisi Sekretaris DAD kini dijabat oleh Urbanus, dan Bendahara oleh Yulius Elto.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Alipius, yang mewakili Pejabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus DAD Sanggau yang baru dilantik.

Advertisement

Alipius berharap kepengurusan DAD dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan pelestarian adat istiadat serta budaya Dayak.

“Dengan dilantiknya pengurus DAD ini, harapannya bisa bersama-sama menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan pelestarian adat istiadat serta budaya. Supaya terus berkembang, tidak punah, dan bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat adat Dayak,” ujar Alipius.

Alipius juga menekankan pentingnya memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta menjaga dan melestarikan adat istiadat yang merupakan warisan nenek moyang.

Ketua Umum DAD Kalimantan Barat, Cornelius Kimha, dalam sambutannya menekankan pentingnya rasionalitas dan asas manfaat dalam kepengurusan DAD.

Ia menegaskan bahwa organisasi ini harus bermanfaat bagi masyarakat adat di Kabupaten Sanggau, termasuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam berbagai sektor.

“Buktikan bahwa keberadaan organisasi ini bermanfaat bagi masyarakat adat di Kabupaten Sanggau.

Kerja sama dengan Pemkab Sanggau dalam membangun sektor kebudayaan, perekonomian, sosial budaya, dan lainnya sangat penting,” ujar Cornelius.

Cornelius juga berpesan kepada generasi muda masyarakat adat Dayak untuk tidak malu dalam melestarikan adat istiadat sambil mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ketua DAD Sanggau yang baru dilantik, Yohanes Ontot, menyatakan bahwa pihaknya akan segera bergerak sesuai dengan rencana dan langkah-langkah yang telah direncanakan sebelumnya. Konsolidasi internal pengurus akan dilakukan dalam waktu dekat untuk memperkuat organisasi.

“Setelah dilantik, kami akan langsung bergerak sesuai bidang-bidang di struktur kepengurusan yang sudah dibuat. Kami berharap semua pengurus dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai dengan bidang masing-masing dan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah,” jelas Ontot.

Yohanes Ontot juga menekankan pentingnya komunikasi terus-menerus dengan DAD di tingkat kecamatan, mengingat tahun 2024 akan ada pesta demokrasi.

Ia mengajak seluruh pengurus DAD di kecamatan untuk menjaga situasi tetap aman dan solid, serta memastikan masyarakat adat dapat menentukan pilihan secara rasional dan bijaksana.

“DAD di kecamatan-kecamatan mesti tetap solid dan mengkonsolidasikan masyarakat adat di wilayahnya agar dapat menentukan pilihan dengan bijaksana, sehingga tidak ada gesekan akibat suasana Pilkada,” tutupnya. (RED)

Advertisement