Arsip

Peraih Tiga Penghargaan di Parade Tari Nusantara 2024, Minim Apresiasi dari Pemprov Kalbar

Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Tim tari Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih tiga penghargaan di ajang Parade Tari Nusantara 2024 yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Tim ini berhasil meraih penghargaan dalam tiga kategori, yakni Penyaji Unggulan, Penata Tari Unggulan, dan Penata Musik Unggulan.

Mereka membawakan tarian bertajuk “Palamput’n Sengat”, bersaing dengan tim-tim tari dari seluruh Indonesia.

Advertisement

Tim Kalbar berhasil merebut hati dewan juri, dengan Penata Tari Unggulan diraih oleh Diego Antoni Canigia, dan Penata Musik Unggulan oleh Billie Agrie Oktada.

Dari empat kategori yang dipertandingkan, tim Kalbar berhasil menyabet tiga penghargaan, menunjukkan kualitas seni tari yang dimiliki provinsi ini.

Namun, keberhasilan mereka di kancah nasional ini ternyata kurang mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah.

“Kami sangat bangga dengan prestasi ini. Terima kasih kepada seluruh tim Sanggar Boreno Tarigas yang telah bekerja keras untuk kesuksesan pementasan. Sayangnya, sepulangnya kami ke Kalbar, perhatian dari pemangku kebijakan sangat minim,” ujar Diego Antoni Canigia, sang penata tari.

Senada dengan Diego, Billie Agrie Oktada, penata musik tim Kalbar, juga mengungkapkan kekecewaannya atas kurangnya apresiasi dari pemerintah provinsi.

“Kami sudah membawa nama baik Kalbar di tingkat nasional, namun tidak ada respons dari pihak terkait,” tambahnya.

Parade Tari Nusantara merupakan ajang tahunan yang di selenggarakan oleh Taman Mini Indonesia Indah

Tahun ini, acara tersebut di gelar pada 6 Oktober 2024, dengan diikuti tim tari dari berbagai provinsi di Indonesia.

Prestasi ini seharusnya menjadi momentum bagi pemerintah daerah untuk memberikan dukungan dan apresiasi lebih kepada para seniman yang telah mengharumkan nama Kalbar di tingkat nasional.

Advertisement