Arsip

Pensong Kembali Maju di Pilkada Sekadau 2024

Pensong, Calon Bupati Sekadau pada Pilkada 2015. (Foto/Ist)
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Meski perhelatan pemilu presiden dan wakil presiden, DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI 2024 belum usai dan masih tahapan rekapitulasi di tingkat kabupaten kota, namun isu Pilkada sudah ramai diperbincangkan oleh berbagai pihak.

Kabupaten Sekadau satu diantara daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2024. Pilkada tersebut untuk memilih kepala daerah bupati dan wakil bupati periode 2024-2029.

Selain calon petahana, satu diantara putra daerah yang dikabarkan akan maju di Pilkada Sekadau Adalah Pensong. Pensong merupakan putra daerah asli Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau.

Advertisement

Bagi masyarakat Kabupaten Sekadau, nama Pensong sudah tidak asing, karena selalu ikut dalam kontestasi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sekadau.

Pensong ikut kontestasi Pilkada Sekadau mulai dari tahun 2005, 2010 dan terakhir Pensong maju pada pilkada tahun 2015 berpasangan dengan Kristian Amon melalui jalur Independen.

Kala itu ia belum menang dari pasangan Rupinus-Aloysius. Waktu itu pilkada sekadau diikuti 4 (empat) pasangan calon yakni, Rupinus-Aloysius, Simson-Subarno, Yansen Akun Efendy-Sahar dan Pensong-Kristian Amon.

Isu majunya pensong pada pemilihan Bupati Sekadau tahun 2024 diungkapkan oleh mantan Bupati Sekadau, Rupinus. Di akun media sosialnya mantan Camat Nanga Mahap itu menyebutkan bahwa Pensong yang merupakan pengusaha sukses di perantauannya itu akan maju sebagai Calon Bupati Sekadau periode 2024-2029.

“Pensong, SE.M Si pengusaha sukses asal Kecamatan Nanga Taman siap maju sebagai Calon Bupati Sekadau 2024 – 2029,” tulis rupinus, minggu (03/03/2024).

Selain selalu tampil sebagai calon Bupati melalui jalur perseorangan, Pensong juga kerap muncul di Pesta Demokrasi baik ditingkat Provinsi maupun Pusat.

Ia juga pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur pada Pilgub Kalbar tahun 2018 sebagai Wakil Kartius melalui jalur perseorangan. Meski sudah mengumplkan banyak KTP, namun mereka gugur saat proses verifikasi di Komisi pemilihan Umum (KPU).

Selain itu ia juga pernah mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI Dapil Kalbar melalui partai Gerindra. Namun langkah itu belum berpihak kepada seorang Pensong. Tak kenal putus asa, ia kembali maju sebagai anggota DPD RI Pada pemilu tahun 2024.

Berdasarkan real count KPU per tanggal 3 Maret 2024 pukul 18.37 Wib, Pensong memperoleh suara 73.305 atau 3,42 persen dari calon lainnya.

Dikonfirmasi terkait kabarnya akan maju di Pilkada Sekadau tahun 2024, Pensong mengatakan masih fokus pada pencalonanya di DPD.

“Waduh, saya masih ngurus DPD Lok,” ujarnya singkat. (RED)

Advertisement