Arsip

Syarif Abdullah: Ini Ketua Dewan Menurut Partai

Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alkadrie saat diwawancarai wartawan. (Foto/Ist).
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik tingkat Kabupaten dan Kota maupun Provinsi Kalimantan Barat telah usai melaksanakan Rapat Pleno Hasil Pemilihan Umum Tahun 2024.

Satu diantara partai peraih suara terbanyak di Kalbar adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alkadrie, mengatakan, untuk di Kalimantan Barat tahun ini perolehan suara meningkat dari pemilu tahun 2019.

Advertisement

Hasil pleno KPU, perolehan total suara Partai Nasdem di Pemilu 2024 sebanyak 411.762 suara. Sementara untuk posisi pertama diraih oleh PDI Perjuangan sebanyak 580.498 suara.

“Dari sebelumnya kita 8 kursi, tahun ini kita bertambah dua kursi menjadi 10 kursi. Peringkat kedua dari PDIP,” katanya kepada ruai.tv, Senin (11/03/2024).

Meningkatnya suara partai besutan Surya Paloh tersebut membuat posisi Nasdem menduduki unsur pimpinan di lembaga DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Selian ditingkat provinsi, Nasdem juga unggul di sejumlah daerah. Keunggulan itu membuat Nasdem dipastikan masuk dalam unsur pimpinan bahkan memimpin Ketua DPRD seperti di Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Sintang.

Selain itu, Kata Syarif, Nasdem juga masuk dalam unsur pimpinan di beberapa daerah seperti di Kapuas Hulu, Landak, Sambas, Kota Pontianak, dan Kabupaten Ketapang.

Untuk mementukan siapa yang mengisi unsur pimpinan hingga Ketua DPRD tersebut, Partai Nasdem memiliki mekanisme tersendiri, karena semuanya sudah diatur dalam internal partai.

“Yang jelas itu pengurus partai, pengurus inti, track record, perolehan suara tertinggi dan kepentingan partai,” jelasya.

Tak hanya itu, menurut Syarif Abdullah, Caleg terpilih yang diberi amanah sebagai Unsur Pimpinan dan Ketua DPRD adalah mereka yang mampu membangun komunikasi dengan berbagai pihak.

“Tentu banyak pertimbangan, yang bisa membangun komunikasi kiri dan kanan, atas dan bawah,” ungkapnya. (RED)

Advertisement