Arsip

Komisi V DPR RI Bahas Percepatan Pembangunan Tol Pontianak-Kijing

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, bersama anggota komisi, melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah. (Foto/Ist)
Advertisement

MEMPAWAH, RUAI.TV – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, bersama anggota komisi, melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat lebih dekat aktivitas pelabuhan serta finalisasi fasilitas demi meningkatkan fungsi Pelabuhan Kijing sebagai pelabuhan internasional.

Dalam kunjungannya, Lasarus menekankan pentingnya persiapan infrastruktur pendukung, seperti pengadaan air baku dan persiapan jalan yang memadai untuk mengakomodasi peningkatan arus transportasi.

Advertisement

Ia juga menggarisbawahi perlunya peninjauan status jalan agar bisa ditingkatkan menjadi jalan nasional. Lasarus juga mendorong revisi Undang-Undang Pelayaran Nomor 17 Tahun 2008 terkait Penjaga Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard).

Menurutnya, hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai kelembagaan yang berwenang dalam penjagaan laut dan pantai, mengakibatkan pemeriksaan berulang-ulang oleh berbagai instansi.

“Diperlukan penguatan pengaturan tentang keberadaan Sea and Coast Guard sesuai amanat International Maritime Organization yang telah diratifikasi Indonesia, demi menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran,” jelas Lasarus.

Pelabuhan Kijing, yang merupakan salah satu pelabuhan strategis di Kalimantan Barat, diharapkan dapat meningkatkan arus transportasi ekonomi dan mendukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam kunjungan ini juga dibahas inisiatif percepatan pembangunan Program Strategis Nasional, termasuk Jalan Tol Pontianak-Kijing. Lasarus mengusulkan agar proyek jalan tol ini dimasukkan dalam anggaran APBN jika belum ada investor yang berminat.

Secara terpisah, Iin Irwansyah, Ketua Relawan Lasarus for Gubernur Kalbar, mengapresiasi kunjungan ini. Ia menilai Lasarus sebagai sosok pemimpin visioner dan berjiwa membangun, yang layak menjadi Gubernur Kalimantan Barat untuk membawa provinsi ini ke arah yang lebih baik. (RED)

Advertisement