Arsip

Kemendagri Serahkan DP4 Pilkada 2024 Ke KPU RI

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyerahkan secara simbolis DP4 kepada ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. (Foto/KPU)
Advertisement

JAKARTA, RUAI.TV – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian secara simbolis menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari didampingi Sekretaris Jenderal KPU, Bernad Dermawan Sutrisno, di Kantor KPU RI, Kamis (2/5/2024.

Penyerahan DP4 ini sebagai bahan penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Adapun jumlah DP4 untuk Pilkada Serentak tahun 2024 yang diserahkan tersebut berjumlah 207.110.768, dengan Rincian Laki-laki 103.228.748 dan Perempuan 103.882.020.

Advertisement

Selanjutnya dengan sistem data pemilih ( Sidalih ) KPU akan melakukan sinkronisasi data DP4 dengan penyandingan data terakhir Pemilu.

Setelah itu, KPU Kabupaten kota melakukan pemutakhiran daftar pemilih dengan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih untuk melakukan coklit ke masing-masing rumah warga untuk dilakukan pencocokan data.

“Harapan dukungan dari semua pihak, sehingga proses pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada dapat berjalan dengan baik dan data pemilih yang nantinya kami tetapkan benar-benar valid dan bersih dari data ganda dan invalid,” kata Suryadi, Ketua Divisi Rendatin KPU Kalbar yang ikut hadir bersama Ketua KPU Kalbar, Muhammad Sayarifuddin Budi.

Dalam sambutan, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, menyampaikan terima kasih kepada Mendagri, serta dukungan dan fasilitasi dari Pemerintah, Pimpinan Polri, TNI dan BSSN pada saat tahapan pemilu dan kini sudah dimulai kembali tahapan pilkada.

Selain DP4 ini, DPT dan DPK Pemilu 2024 sebelumnya juga menjadi dasar KPU melakukan Coklit di lapangan nanti untuk pemutakhiran data pemilu Pilkada Serentak 2024.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan bahwa pemerintah menyerahkan DP4 sebanyak 206.110.768 by name dan by address. Tito juga menyatakan akan terus mendukung agar Pilkada 2024 berjalan dengan baik.

Turut hadir Bawaslu, DKPP, BSSN, TNI, Polri, Kementerian/Lembaga lainnya, serta Pejabat Eselon I dan II Setjen KPU. (Sumber KPU)

Advertisement