Arsip

IMKA-PIJAR Fakultas Hukum UNTAN Sukses Gelar Baksos

Baksos Mahasiswa Katolik Fakultas Hukum Untan melakukan renovasi Gereja di Desa Sungai Mawang.(Foto/ruai.tv)
Advertisement

SANGGAU, RUAI.TV – Ikatan Mahasiswa Katolik-Pijar (IMKA-PIJAR) Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura (UNTAN) berhasil menyelenggarakan Bakti Sosial Mahasiswa 2023 di Dusun Setanding, Desa Sungai Mawang, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau. Acara ini berlangsung dari 13 hingga 20 Juni 2024.

Panitia dan peserta di sambut hangat oleh masyarakat lokal melalui ritual adat Pancung Bulu Muda, yang di hadiri oleh beberapa perangkat desa, Babinsa, Ketua Umat, dan Pemangku Adat Dusun Setanding.

Bakti Sosial Mahasiswa merupakan salah satu program kerja IMKA-PIJAR Fakultas Hukum UNTAN sebagai bentuk implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Advertisement

Pada Bakti Sosial tahun ini, panitia bekerjasama dengan DUKCAPIL Sanggau untuk melakukan perekaman data bagi masyarakat yang belum memiliki dokumen penting seperti KTP, KIA, Akta Kematian, Akta Perkawinan, dan pembaharuan Kartu Keluarga.

Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam renovasi gereja, pembinaan iman anak, serta mengadakan dialog dengan warga tentang hukum, pendidikan, kesehatan, dan kerohanian.

Tema Bakti Sosial tahun ini adalah “DICTUM FACTUM,” yang berarti ‘Apa yang di katakan itulah yang dilakukan.’ Panitia juga mengutip ayat dari 1 Petrus 4:10, “Layanilah seseorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah di peroleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik bagi kasih karunia Allah.”

Panitia Bakti Sosial menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam acara ini, termasuk masyarakat Dusun Setanding, perangkat desa Sungai Mawang, Camat Mukok dan jajarannya, Pemerintahan Kabupaten Sanggau, Pastor Paroki Mukok, serta para senior, alumni, media partner, dan sponsor.

“Kegiatan ini tidak hanya membantu masyarakat setempat, tetapi juga memperkuat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat, serta menanamkan nilai-nilai pengabdian dan pelayanan,” kata Ketua Panitia, Ardianus Panggawa. (RED)

Advertisement