Arsip

Hujan Deras Sebabkan Banjir di Dua Desa Kecamatan Silat Hilir

Sebuah rumah warga di Nanga Nuar, Kecamatan Silat Hilir tergenang banjir. (Foto/ruai.tv)
Advertisement

KAPUAS HULU, RUAI.TV – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Silat Hilir sejak sore hingga malam tadi menyebabkan dua desa, yaitu Desa Bongkong dan Desa Nanga Nuar, terendam banjir. Banjir mulai melanda sejak pukul 05.00 WIB dan merendam puluhan rumah warga.

Tidak hanya rumah, banjir juga menggenangi jalan nasional yang menghubungkan Pontianak dengan Kabupaten Kapuas Hulu, menghambat akses transportasi di daerah tersebut. Debit air terus meningkat seiring dengan belum surutnya air di Sungai Silat bagian hulu.

Seorang warga Desa Nanga Nuar, Simon, melalui pesan singkat WhatsApp menyampaikan, “Jika air di hulu Sungai Silat belum surut, kemungkinan debit air akan semakin naik.”

Advertisement

Simon juga mengingatkan warga yang melintasi jalan menuju Putussibau agar berhati-hati, mengingat kondisi air yang terus meninggi.

Banjir juga merendam beberapa fasilitas umum, termasuk sekolah, kantor desa, dan balai posyandu, sehingga aktivitas warga terganggu.

Warga diimbau untuk tetap waspada dan memantau perkembangan kondisi banjir, terutama bagi mereka yang berada di daerah rawan terdampak.

Reporter : Martin Luther

Editor      : Sofian

Advertisement