Arsip

Gunung Tamang Terancam Gundul Akibat Tambang Bauksit

Hutan Gunung Tamang di Kabupaten Kubu Raya terancam gundul akibat aktivitas Tambang Bauksit. (Foto/ruai.tv)
Advertisement

KUBU RAYA, RUAI.TV – Hutan Gunung Tamang di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya yang dulunya hijau dan asri kini mulai tergerus dan gundul akibat aktivitas pertambangan bauksit diduga tanpa izin.

Gunung Tamang merupakan satu-satunya yang dimiliki masyarakat Desa Gunung Tamang. Selain sebagai penyangga lingkungan, dulunya gunung ini juga menjadi tempat masyarakat mengantungkan hidup dari Sumber Daya Alam (SDA).

Kondisi saat ini di sekeliling Gunung Tamang sudah gundul dengan tumpukan bauksit di sekitar lokasi diduga milik seorang pengusaha.

Advertisement

Satu diantara warga mengatakan, sebelumnya pihaknya menolak keras pembukaan tambang Bauksit di Gunung Tamang karena berpotensi mengancam keberadaan alam dan hutan sebagai penyangga Gunung Tamang.

“Saya menolak keras adanya pertambangan Bauksit di Gunung Tamang. Jangan asal mau masuk saja, tapi perlihatkan dulu izin legalitasnya sampai dimana,” kata AG, yang meminta namanya diinisialkan.

Menurut AG, hadirnya Tambang Bauksit diduga tanpa izin resmi dari pemerintah itu akan mengancam habitat yang ada di Gunung Tamang, terlebih gunung itu adalah satu-satunya di daerah itu yang patut dijaga dan dilestarikan.

“Mana tahu gunungnya di babat, bencana datang karena dekat Pesisir Kapuas,” khawatirnya.

Dari pantauan di lokasi, selain gunung yang hampir gundunl, aktivitas tambang bauksit itu juga hampir menganggu keberadaan tiang listrik dari PLN.

Warga berharap, aktivitas Tambang Bauksit ini segera menjadi perhatian pihak yang berwenang sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (RED).

Advertisement