Arsip

Banjir Rendam 5 Kecamatan di Kapuas Hulu, Warga Diminta Waspada

Advertisement
KAPUAS HULU, RUAI.TV – Banjir merendam lima kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, setelah hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut menyebabkan Sungai Kapuas meluap.
Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan, melaporkan bahwa banjir melanda Desa Suka Maju dan Desa Tangai Jaya di Kecamatan Mentebah, Desa Sungkin di Kecamatan Boyan Tanjung, Desa Bongkong di Kecamatan Silat Hilir, Desa Rumbih di Kecamatan Silat Hulu, serta Desa Ulak Pauk di Kecamatan Embaloh Hulu yang berada di perbatasan RI-Malaysia.
“Curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai meluap, namun biasanya banjir di hulu Kapuas tidak berlangsung lama, hanya hitungan jam saja,” ujar Gunawan di Putussibau, Kamis (22/8/2024).
Hingga saat ini, BPBD Kapuas Hulu masih terus melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak banjir di wilayah tersebut.
Gunawan juga mengimbau seluruh warga yang terdampak banjir, terutama di wilayah hulu Kapuas, untuk tetap waspada terhadap kemungkinan bencana alam lanjutan.
“Terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil, agar selalu menjaga mereka dengan baik. Waspadai gigitan serangga berbisa, ular, dan ancaman lainnya. Ini menjadi perhatian utama kami, selain menjaga kesehatan warga,” tambahnya.
BPBD Kapuas Hulu terus memonitor perkembangan situasi banjir di berbagai wilayah dan berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
“Mudah-mudahan tidak ada kejadian yang merugikan lebih lanjut,” tutup Gunawan.
Advertisement