Arsip

Adat Ngampar Bide, Mengawali Event Naik Dango Pertama di Kota Pontianak

Panitia Naik Dango Ke-I DAD Kota Pontianak menggelar Adat Ngampar Bide. (Foto/Ist)
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, akan menggelar Event Naik Dango Ke-I di Rumah Radakng dari 18-21 April 2024.

Kegiatan ini mengangkat tema “Membangun budaya dayak menuju Indonesia Emas tahun 2045” dan sub tema : “Melalui Naik Dango I DAD Kota Pontianak Tahun 2024, kita wujudkan partisipasi masyarakat dayak dalam peningkatan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kalimantan Barat”.

Sebelum acara puncak berlangsung, Naik Dango diawali dengan Ritual Adat Ngampar Bide pada Senin (15/04/2024) pukul 15.00 Wib.

Advertisement
Foto: Ritual Adat sebelum pelaksanaan Naik Dango ke-I DAD Kota Pontianak tahun 2024. (Foto/Ist)

Sekretaris Jenderal Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Yakobus Kumis, menjelaskan, ada 3 (tiga) makna dari Naik Dango, yakni dari sisi Magis, Ketahanan Pangan dan Pelestarian Budaya.

“Unsur magis di sini adanya ritual adat sebagai bentuk izin bapadah kepada Sang Jubata agar naik dango berlangsung aman dan lancar. Ritual adat yang pertama dilakukan seperti ngampar bide ini,” jelasya.

Kemudian makna yang Kedua adalah masyarakat Dayak mendukung program Ketahanan Pangan Nasional. Sebab Naik Dango berkaitan erat dengan pertanian atau perladangan.

“Saat sekarang naik dango tidak hanya erat dengan pertanian saja namun juga dengan perladangan komoditas lain seperti jagung, ubi dan lain sebagainya. Sehingga ini tetap dilestarikan. Nah, di Pontianak sebagai bentuk untuk memperkenalkan dan mempelajari kepada generasi muda sekarang,” paparnya.

Makna Ketiga adalah bentuk solidaritas mempertahankan dan melestarikan adat istiadat budaya Dayak.

“Penjabaran dari makna itu semua digelar lah berbagai lomba, seni budaya, pameran kerajinan dan lain sebagainya,” pungkasya.

Usai adat Ngampar Bide hari ini, panitia juga akan melaksanakan misa syukur yang dipusatkan di Rumah Radakng Pontianak, Selasa (16/04) besok. Misa tersebut dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus. (RED)

Foto: Persiapan Misa Syukur dalam Rangka Naik Dango Ke-I DAD Kota Pontianak di Aula Rumah Radakng, Selasa (16/04) besok,. (Foto/Ist)
Advertisement