Pdt. Darius: Hampir Semua Desa Ketungau Hulu Langka Sembako

Ketungau, Sintang, Kalimantan Barat,-Sejak seminggu terakhir sejumlah Desa Kecamatan Ketungau Hulu langka sembako. Dengan nada penuh keprihatinan, pak Pdt. Darius yang juga mengaku ketua Daerah Gereja Persekutuan Sidang Kristus (GPSK) Ketungau Hulu, Kab. Sintang, Kalimantan Barat mengatakan bahwa kondisi itu benar adanya, “hampir semua desa di ketungau hulu langka sembako. Terutama beras, LPG, BBM, telur, dan bahan pokok lainnya. Disebabkan jalan paralel balai senaning hancur, jalan sintang senaning tdk bisa dilewati sama sekali. Ironisnya jalan rusak dari secangkul sampai senaning yg nota bene sudah masuk wilayah kabupten sintang yg berbatasan dengan kabupaten sanggau.” Kata Darius menjelaskan.

Darius menambahkan, kelangakaan terjadi mulai hari jumat yang lalu. “Kalau tdk ada respon maka dipastikan dlm 3 hari kedepan sangat memprihatinkan. Belum ada tindakkan apapun dari pemerintah setempat utk memberi solusi.” Tambahnya.

Menurut Darius, kalau pun barang ada, namun harga BBM mencapai Rp.15,000 perliter. Sedangkan LPG 3 KG Rp. 80,000, dan beras Rp. 200,000 perkarung 10kg.”

Darius menambahkan, “harus kami akui pak, selama ini sembako di ketungau hulu itu dari balai Kabupaten Sanggau, dan kalau pedagang besar mereka langsung belanja ke Pontianak, nah sekarang jalan Sintang yang ke perbatasan Sanggau itu yang rusak memang tak bisa dilewati, sedangkan jalan dari Kota Sintang ke Senaning juga rusak, jadi kelangkaan ini sangat memprihatinkan bagi kami di ketungau Hulu pak,” kata Pdt. Darius via telpon genggam kepada redaksi ruaitv (18/1/21) sembari mengakhiri pembicaraan.