Arsip

800 Jiwa Kena Banjir, Kades Hilir Surati Camat Balai

banjir desa hilir
Banjir yang melanda kawasan Desa Hilir, Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau. Foto:IST/ruai.tv
Advertisement

SANGGAU, RUAI.TV – Lebih 800 jiwa di Desa Hilir di Kecamatan Balai terdampak bencana banjir. Hujan deras terjadi dalam pekan-pekan terakhir, membuat aktivitas warga hampir lumpuh.

Kepala Desa Hilir, Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau, Ashadi Cahyadi, melaporkan kondisi ini kepada Camat melalui surat tertanggal 11 Maret 2023. Dalam surat itu, Cahyadi memohon penyaluran bantuan untuk meringankan beban warga terdampak.

Baca juga: Belum Ada Jalan Darat ke Pusat Kabupaten, Warga Ambalau Andalkan Sungai

Advertisement

Intensitas hujan yang tinggi 9 Maret, berlanjur pada 10 dan 11 Maret, mengakibatkan debit air semakin tinggi,” tulis Cahyadi.

Dia memaparkan, sebanyak 219 kepala keluarga (KK) dengan 829 jiwa terdampak genangan banjir. Warga terdampak tersebar di sejumlah dusun.

Baca juga: Pembunuhan di Sungai Asam Terungkap, Pelaku Diduga Kerabat Dekat Korban

Secara rinci, dia menjelaskan, jumlah warga terdampak di Dusun Hulu sebanyak 110 KK dengan 352 jiwa. Di Dusun Sembatu 51 KK dengan 204 jiwa. Kemudian di Dusun Hilir sebanyak 47 KK dengan 235 jiwa. Dan di Dusun Melaban ada 11 KK dengan 38 jiwa.

“Sebagai upaya tanggap darurat untuk pertahanan pangan kami mohon bantuan untuk warga yang terdampak banjir,” tulis Cahyadi.

Baca juga: Berakhir Damai, Kasus Penganiayaan Dosen oleh Mahasiswa di Pontianak

Banjir tersebut, kata Cahyadi, telah mengakibatkan warga tidak bisa bekerja seperti biasa. Juga mengakibatkan sejumlah kerugian materiil karena banjir Desa Hilir.

Intensitas hujan ringan hingga berat masih kerap terjadi, terutama pada sore hari Hingga malam. Cahyadi memperkirakan, jika kondisi ini masih berlanjut, kemungkinan permukaan banjir akan meningkat. (RED)

Advertisement