Arsip

Cap Go Meh Telah Berlalu, Perayaan Tanpa Festival

Cap Go Meh Telah Berlalu, Perayaan Tanpa Festival
Lampion Imlek di sebuah klenteng di Sekadau. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Perayaan Cap Go Meh 2557 berlangsung 15 Februari 2022 lalu. Cah Go Meh merupakan perayaan puncak Tahun Baru Imlek.

Pelaksananya pada hari ke-15 setelah Tahun Baru, menurut kalender Imlek. Dalam kondisi normal, Cap Go Meh merupakan pesta kota dengan atraksi arakan replika naga dan permainan barongsai.

Namun, sudah dua tahun sejak pandemi, perayaan Cap Go Meh tak lagi bisa semeriah sebelumnya. Festival seperti ini berisiko mengundang kerumunan warga, sehingga pelaksanannya secara sederhana di tempat terbatas.

Advertisement

Di Kota Pontianak, Cap Go Meh berlangsung dengan mendiasakan perarakan naga, permainan barongsai, maupun atraksi tatung di jalan-jalan protokol. Atraksi hanya mereka gelar terbatas di rumah ataupun ke klenteng.

Baca juga: Nyalakan Petasan Saat Imlek, Ternyata Ini Maknanya

Tatung merupakan ritual perantara antara manusia dengan roh leluhur. Pertunjukannya menampakkan orang-orang pilihan yang tahan goresan senjata tajam.

Di Klenteng Thai San Pak Kung di kawasan Pontianak Kota, Cap Go Meh berlangsung sederhana tanpa arakan dan atraksi. Seorang tatung, Cong Soi Meng, mengatakan, para dewa atau roh leluhur telah mereka panggil untuk kegiatan itu.

“Ritual ini berhubungan dengan kepercayaan Taoisme. Termasuk pengobatan dan pengusiran roh jahat,” kata Cong Soi Meng.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2 atau KLIK di SINI!

Advertisement