Arsip

Sumbangkan Darahmu, Semoga Bermanfaat Untuk Sesama

Kegiatan donor darah di PMI Sanggau. Foto: Bobirianto Yulianus/ruai.tv
Advertisement

SANGGAU RUAI.TV – Sejak tahun 2008 lalu putra asal kelahiran Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur yang bekerja sebagai Tentara Nasional Indonesia TNI yaitu Serda Dwi setio Kurniawan sudah melakukan aksi kemanusiaan donor darah secara sukarela tercatat sebanyak 15 kali dalam rentan waktu pertiga bulan sekali secara rutin.

Aksi kemanusiaan donor darah ini dilakukan oleh Serda Dwi setio Kurniawan termotivasi bermula saat istri temannya di Kota Surabaya membutuhkan darah untuk melakukan operasi melahirkan karena ketersediaan stok golongan darah A di Unit Donor Darah UDD Palang Merah Indonesia PMI setempat kosong.

Berkaca dari itu, Pemuda kelahiran 10 Januari 1986 usia (36) tahun ini memiliki semboyan donor darah yakni.3. “Sumbangkan Darahmu, Semoga Bermanfaat Untuk Sesama”.

Advertisement

Baca juga: PMI Sanggau Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

“Sampai sekarang ini saya sudah melakukan donor darah sebanyak 15 kali terdiri dari 11 di PMI Surabaya, 2 kali di merauke, Provinsi Papua saat melakukan penugasan Satgas Pamtas RI-PNG dan 2 Kali di PMI Sanggau termasuk hari ini,” kata Serda Dwi setio Kurniawan, Babinsa Desa Dosan, Koramil 1204/12 Parindu saat melakukan donor darah di Homing Tipo, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau. Jumat, (4/2/2022).

“Menurut saya aksi sosial seperti donor darah secara sukarela ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan darah yang didonor itu bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan orang lain yang sedang membutuhkan seperti pasien dirumah sakit,” ujarnya.

Serda Dwi setio Kurniawan yang mengabdi sebagai anggota TNI sejak tahun 2006 ini mulai bertugas diwilayah Kodim 1204/SGU Koramil 1204/12 Parindu sebagai Babinsa Desa Dosan sejak bulan januari 2021 lalu.

Baca juga: PMI Sanggau Sunat Gratis 100 Anak

Babinsa Desa Dosan, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau ini pertama kali tugas menjadi anggota TNI di Bataliyon Yonif Raider 500/Sikatan selama 15 tahun. pernah melaksanakan penugasan misi perdamaian dunia di Libanon yang tergabung dalam Satgas Garuda 23G Unifil dalam kurun waktu tahun 2012-2013. Kemudian melaksanakan penugasan Pengamanan Perbatasan RI-PNG sektor selatan merauke tahun 2017-2018.

“Setelah itu kembali ke Bataliyon hingga bulan januari tahun 2020 mulai ditugaskan diwilayah Kodam XII/TPR, Kodim 1204/Sanggau sebagai Babinsa Desa Dosan, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau,” ungkap Serda Dwi setio Kurniawan.

“Saya juga mengimbau kepada khususnya masyarakat sanggau agar mau mendonorkan darahnya secara sukarela karena prinsipnya setetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” tutupnya. (BOB)

Advertisement