Di Singkawang, Youtuber Bobon Santoso Ajak Wali Kota Masak

Bobon Santoso
Foto: courtesy YouTube Bobon Santoso/ruai.tv

SINGKAWANG, RUAI.TV – Seorang youtuber nyentrik bernama Bobon Santoso, berkesempatan masak bareng Wali Kota Singkawang, Tjhai Chue Mie. Aksi kolaborasi itu juga menampilkan petinju Kalimantan Barat, Daud “Cino” Yordan.

Bobon baru menayangkan konten itu, Selasa (03/05/2022) di channel YouTube-nya. Bobon populer dengan konten nyentrik, seperti masak dengan wajan rakasana. Juga beberapa kali dia collabs dengan selebriti yang sedang naik daun.

Meski kelahiran Jakarta, orangtua Bobon berasal dari Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Bobon sempat berbisnis di Jakarta dan Bandung, sebelum memutuskan menjadi YouTuber dan tinggal di Bali.

Baca juga: Cewek Pontianak Dugem dengan Hotman Paris, Siapa Dia?

Dalam momen Ramadhan tahun 2022 ini, Bobon berada di Kota Singkawang. Konten bersama Wali Kota Tjhai dan Daud Yordan telah dia rekam pada masa puasa, dan baru dia unggah di hari ketiga Lebaran.

“Ibu, saya sudah tiga minggu di sini, Bu. Tapi saya belum pernah ketemu ibu. Ini kesempatan langka terbaik. Bisa ketemu Bang Daud Yordan juga,” kata Bobon di bagian awal kontennya.

Bobon Santoso Ajak Wali Kota Masak

Di meja sebuah restoran itu, sebelumnya Wali Kota Tjhai tampak bercakap-cakap dengan Daud Yordan. Bobon pun menghampiri mereka.

Setelah menyapa, Bobon pun memperkenalkan diri dengan gaya khasnya yang kocak, “Saya perkenalkan diri, Bu. Saya adalah seorang chef terbaik di dunia, grand master chef. Ibu percaya?”

Baca juga: Pantun Wali Kota Singkawang di Malam Takbiran

“Mesti makan (hasil masakannya) dulu baru percaya,” sahut Tjhai.

Mengetahui makanan favorit Wali Kota adalah ayam crispy, Bobon pun mengajak mereka memasak menu itu. Hasil masakan itu akan dibagikan kepada warga yang sedang melintas, untuk berbuka puasa.

“Kalau gitu saya ijin dulu sama yang punya kota. Bu, saya mau minta ijin masak buat warga Kota Singkawang, boleh nggak, Bu,” ucap Bobon berpura-pura tersedu-sedu, sambil menyalami Thjai.

“Boleh, terima kasih. Kita harus coba, ya,” ucap Wali Kota Tjhai.

Baca juga: 50 Persen, Lonjakan Volume Sampah di Kota Pontianak

“Bang, jangan pukul saya ya, Bang,” canda Bobon sambil menyalami Daud yang duduk di seberang meja Tjhai.

Bobon Santoso Bagi Makanan

Di halaman restoran yang menjadi lokasi masak, Tjhai dan Daud terlihat senyum-senyum melihat tingkah konyol Bobon membawakan acara. Sambil memegang pisau raksasa, Bobon memperkenalkan dua tokoh itu, yang dia minta memegang penggorengan panjang.

Ratusan potong ayam sudah tersedia, dan mereka melumurinya dengan tepung. Wajan raksasa pun telah dia isi dengan minyak goreng.

Tjhai dan Daud ikut membantu melumuri daging ayam dengan tepung. Sementara Bobon terus berceloteh sambil sesekali menanyakan kemajuan kota kepada bu wali. Sebuah tangga aluminium dia persiapkan, untuk menjangkau ketinggian wajan.

Baca juga: Gubernur Midji Buka Masker, Lelaki 92 Tahun Ini Kaget

“Karena Ibu ada rapat, saya masukin semua ayam ini,” ujar Bobon sambil menuangkan sekeranjang daging ayam ke wajan.

Kemudian Wali Kota Tjhai membolak-balik daging itu menggunakan penggorengan panjang. Begitu juga dengan Daud.

“Ternyata tidak mudah, panas sekali,” komentar Tjhai.

Setelah masak, mereka mengemas makanan itu dalam kotak. Kemudian membagi-bagikannya ke warga untuk berbuka puasa. Warganet bisa menonton konten ini di channel YouTube Bobon Santoso, yang saat ini sudah memiliki 8,71 juta subscriber. (SVE)