Usaha Kecil di Sekadau Perlu Pinjaman Modal, Ikuti Ini Dulu!

Cara dapat pinjaman
Sekretaris DPMPTSP dan Naker Kabupaten Sekadau, Nopita. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

SEKADAU, RUAI.TV – Cara dapat pinjaman untuk mengembangkan usaha kecil, kini sudah mendapatkan fasilitasi dari pemerintah. Di Kabupaten Sekadau, geliat usaha kecil telah mendapatkan dukungan dalam bentuk sosialisasi ketentuan terbaru.

Puluhan pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) di Kabupaten Sekadau, mengikuti sosialisasi perizinan. Kali ini, perizinan usaha sudah secara online atau dalam jaringan (daring).

Baca juga: Anak Bawah Umur Bawa Motor, Kena Razia di Melawi

Advertisement

Sosialisasi ini memberi kesempatan bagi para pelaku UKM untuk memahami sistem perizinan usaha secara online berbasis resiko (OSS-RBA). Kegiatan yang berlangsung Rabu (15/06/2022) ini bertempat di sebuah hotel di Kota Sekadau.

Penyelenggaranya adalah Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Sekadau. Juga menampilkan pemateri dari Bank Kalbar serta Kantor Perpajakan setempat.

Baca juga: 1.150 Jemaah Kalbar Berangkat Ibadah Haji

Sekretaris DPMPTSP dan Naker Kabupaten Sekadau, Nopita,mengatakan, sosialisi itu untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UKM mengenai sistem perizinan usaha. Sebab saat ini mulai berlaku perizinan OSS RBA sebagai bagian dari amanah UU Cipta Kerja.

“Pelaku UKM penting memiliki OSS-RBA sebagai merupakan azas legalitas. Ini bisa mempermudah mereka mengakses permodalan di bank,” kata Nopita.

Baca juga: Pontianak Ingatkan Potensi Penyakit Hewan Jelang Idul Adha

Dia memaparkan, UU Cipta Kerja yang telah sah berlaku beberapa waktu lalu, turut mengatur perizinan UKM. Satu di antara hal pentingitu adalah mengenai mekanisme perizinan.

Amanah UU tersebut mendapatkan tindak lanjut berupa sosialisasi dan bimbingan teknis bagi pelaku UKM, untuk mendapatkan OSS-RBA. (RED)

Advertisement