Memaknai HUT RI dengan Permainan Rakyat

Balap karung menjadi permainan rakyat yang lekat dengan momen peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Foto: DOK/ruai.tv

SEKADAU, RUAI.TV – Suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia, lekat dengan berbagai permainan rakyat. Terutama, jenis-jenis perlombaan sederhana, namun mampu menghibur.

Kondisi pandemi memang membatasi partisipasi banyak orang. Namun, secara terbatas, berapa bentuk permainan rakyat tetap diadakan.

Di Kampung Tebal, Desa Sungai Ringin, Kecamatau Sekadau Hilir, sejumlah permainan diadakan secara sederhana. Komunitas Lawang Kuari Sedekah (Lawas) menjadi penyelenggara.

Baca juga: Satu Meninggal, Tabrakan di Simpang Sabang Merah

Mereka menggelar panjat pinang, balap karung, tarik tambang, hingga lomba menangkap bebek. Hanya dua hari waktu perlombaan yang dimulai pada 18 Agustus 2021. Para perserta lomba pun dibatasi hanya untuk anak-anak usia sekolah.

Satu di antara pengurus Lawas, Dody, mengatakan, mereka berinisiatif menggelar permainan dan perlombaan itu dengan dukungan para donator. Dari para donatur inilah hadiah-hadiah diadakan.

“Perlombaan untuk menghibur masyarakat, juga agar masyarakat lebih mencintai negaranya dalam momen ini,” kata Dody. (RED)