Air Sungai Sekadau Mulai Jernih

sungai sekadau mulai jernih
Keramba di Sungai Sekadau. Foto: DOK/ruai.tv

SEKADAU, RUAI.TV – Pasca penertiban dan aksi penolakan terhadap aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di perhuluan Sungai Sekadau, saat ini kondisi air berangsur jeranih. Kondisi ini menggembirakan masyarakat yang masih mengantungkan hidupnya dari sungai ini.

Di antaranya, para nelayan yang menangkap ikan di tempat itu. Syabli, satu di antara nelayan, menuturkan, mulai mudah menangkap ikan sebagai sumberpenghasilan tambahan.

Jernihnya air sungai memudahkan warga menangkap ikan secara tradisional. Biasanya menggunakan jala dan memasang pukat. Sebagian lain memelihara ikan dengan keramba.

Baca juga: PETI Nanga Mahap, Pemodal Harus Ditangkap

“Asli dua hari jernihnya air, para pengais rejeki melalui air Sungai Sekadau sudah bisa menikmati dengan cara nelayan mukat tradisional,” kata Syabli, Kamis (12/08/2021).

Kondisi air sungai memang belum begitu jernih sepenuhnya. Namun penindakan terhadap pekerja PETI yang menghentikan aktivitas itu, segera memberi pengaruh.

Melihat perkembangan ini, warga memastikan akan mengawal secara berkelanjutan agar aktivitas perusak lingkunagan tidak kembali berulah.

“Kondisi sungai sekadau lumayan, para nelayan tradisional sudah mulai melakukan aktiavitas sehari-harinya mencari rejeki tambahan,” ucapnya. (TS)