Longsor Robohkan Delapan Rumah di Entikong

Sebagian rumah yang terdampak longsor di Entikong, Kabupaten Sanggau. Foto: Istimewa.

SANGGAU, RUAI.TV – Delapan rumah di Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat roboh akibat longsor Rabu sore (03/02/2021). Suasana mengerikan tampak dalam video amatir yang beredar di media sosial.

Video itu merekam detik-detik bagian tebing runtuh. Rumah-rumah yang berada di atasnya roboh ke dalam ke jurang.

Terdengar suara teriakan orang-orang yang menyaksikan. Termasuk teriakan pemilik rumah, yang menyaksikan peristiwa itu kejauhan.

Akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi sehingga menjadi pemicu bencana tersebut. Lokasi terjadinya longsor tidak jauh dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong (kawasan perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan Barat).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau segera meninjau lokasi kejadian. Mereka membawa bantuan logistik untuk korban terdampak.

“Kami membawa logistik untuk diberikan kepada korban-korban yang terdampak bencana ini. Mudah-mudahan mereka tabah menghadapi hal ini,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sanggau, Siron kepada ruai.tv di lokasi kejadian, Rabu malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Tidak ada barang dan harta benda korban yang bisa diselamatkan. Untuk sementara korban terdampak mengungsi ke rumah keluarga. (BOB/RAY)