PMI Pontianak Berikan Penghargaan Pendonor Tertua

PMI Pontianak Berikan Penghargaan Pendonor Tertua
H. Gunawan, pendonor tertua di Kota Pontianak. Foto: courtesy Prokopim Kota Pontianak/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – H. Gunawan (69) menjadi pendonor darah tertua di Kota Pontianak. Pria dengan golongan darah O ini sudah rutin sebagai pendonor sejak 1987, saat berusia 35 tahun. Dalam rentang ini tercatat sudah 102 kali dia mendonorkan darahnya. Dia mengatakan, selain untuk membantu sesama, donor darah secara rutin untuk menyehatkan tubuh.

“Sejak awal donor, saya jadi keterusan mendonorkan darah saya secara rutin,” kata Gunawan, Sabtu (18/09/2021).

Baca juga: PMI Sanggau Sunat Gratis 100 Anak

Dia menjadi satu di antara warga yang memenuhi undangan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak pada peringatan ulang tahun PMI ke-76. Sekaligus, PMI memberikan penghargaan kepada Gunawan sebagai pendonor tertua.

Pendonor Tertua

Gunawan menuturkan, awalnya dia berdonor empat bulan sekali atau setahun tiga kali. Sekarang meningkat menjadi tiga bulan sekali atau setahun empat kali. Dari sebelumnya jumlah darah yang didonorkan 250 cc hingga 350 cc.

“Sejak saya berdonor, saya tidak pernah merasakan sakit. Hanya saya dihentikan petugas ketika berusia 65 tahun,” ujar warga Perumnas II Pontianak Barat ini.

Baca juga: Wali Kota Jalan Kaki ke Kantor, Susuri Trotoar Sambil Sapa Tukang Sapu

Kebiasaan ini pun dia sebarkan ke warga sekitar. Sering kali Gunawan mengajar para tetangga untuk ikut menjadi pendonor darah.

“Saya contohkan diri saya yang tetap sehat dan bugar meski sudah tua,” katanya.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2