Terbesar di Kalimantan Barat, Penggilingan Padi di Landak

pabrik padi terbesar
Pabrik penggilingan padi di Kabupaten Landak, terbesar di Kalbar. Foto: DOK/ruai.tv

LANDAK, RUAI.TV – Sebuah pabrik penggilingan padi atau rice milling unit (RMU), berdiri di Kabupaten Landak. Pabrik ini penggilingan padi ini merupakan yang terbesar yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, meresmikan pabrik tersebut, Rabu (18/065/2022). Lokasi pabrik penggilingan padi ini berada di wilayah Kecamatan Mandor.

Baca juga: Landak Selenggarakan Tradisi Naik Dango, Produksi Padi Kian Naik

Karolin berharap dengan adanya penggilingan tersebut, semakin meningkatkan produksi padi di Landak. Dan tentunya, memberi dampak pada peningkatan kualitas produksi beras lokal.

Instalasi RMU pada pabrik itu merupakan jenis penggilingan generasi baru. Pengoperasiannya juga mudah dan praktis. Sebab, pengolahan gabah menjadi beras menggunakan alat ini hanya dalam satu kali proses.

Baca juga: Mantan Kades di Bengkayang Tersangka Korupsi

Dalam satu jam, alat ini bisa memproses 2, 5 ton gabah menjadi beras. RMU ini lengkap dengan dryer atau alat pengering gabah. Menggunakan dryer type super-120, sementara tungkunya type BB-18.

Karolin memaparkan, dari data Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat, menempatkan Kabupaten Landak mengalami peningkatan produksi padi selama 5 tahun terakhir. Dari 2017 hingga 2021, terjadi kenaikan produksi padi dari 244.520 ton menjadi 346.114 ton. (RED)